Perayaan Asyuro Syiah di Nigeria Diguncang Bom, 20 tewas

Nigeria-Ledakan bom hantam perayaan asyura syiah-beberapa mobil terbakar-jpeg.image
Beberapa mobil ikut terbakar dalam ledakan bom di Yobe, Nigeria, Senin (3/11/2014)

YOBE (SALAM-ONLINE): Ledakan bom menargetkan penganut Syiah yang tengah merayakan Hari Asyuro di negara bagian Yobe, timur laut Nigeria, menewaskan puluhan orang.

Ledakan itu terjadi pada Senin (3/11/2014) di kota Potiskum ketika pengikut Syiah berkumpul dalam rangka memperingati Hari Asyuro.

Terdapat laporan saling bertentangan mengenai jumlah korban dalam ledakan tersebut. Al Jazeera melaporkan mengutip sumber-sumber masyarakat setempat bahwa sedikitnya 20 orang tewas. Namun polisi hanya mengonfirmasi tiga yang mati.

Penganut Syiah berkumpul di luar seminari di daerah Tsohuwar Kasuwa, setelah mengunjungi istana emir lokal, ujar saksi mata Ibrahim Maina dan polisi lokal kepada AFP.

“Itu kerumunan yang besar dan banyak dari mereka menjadi korban,” ujar polisi kepada AFP. “Prioritasnya adalah menyelamatkan yang terluka.”

Jenis ledakan belum dikonfirmasi dan belum ada kelompok yang mengaku sebagai pelaku atas serangan tersebut.

Baca Juga

Meskipun saksi mata melaporkan bahwa 20 orang tewas dalam ledakan tersebut, namun perwakilan Syiah mengatakan ledakan itu hanya menewaskan 15 orang dari mereka dan lima lainnya ditembak mati oleh pasukan keamanan, lansir BBC.

Sekitar 50 lainnya dilaporkan terluka dalam ledakan itu.

Seorang pria, Mohammed Gana mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa saudaranya telah tewas dalam serangan itu. Dia menghitung 23 mayat di lokasi kejadian.

Yobe adalah salah satu dari tiga negara bagian di timur laut Nigeria yang ditempatkan di bawah pemerintahan darurat pada tahun lalu ketika militer melancarkan operasi besar-besaran untuk menghancurkan Boko Haram.

Lebih dari 1.000 orang telah tewas di wilayah tersebut sejak langkah-langkah darurat diberlakukan dan kehadiran militer ditingkatkan. (arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga