Berpihak pada yang Benar

Video Aksi Heroik Bocah Suriah Selamatkan Gadis Kecil Adalah Film Buatan Norwegia

Norwegia-Video bocah Suriah yang selamatkan seorang gadis cilik di bawah tembakan sniper ternyata buatan seorang sutradara Norwegia dan direkam di Malta-jpeg.image
Video bocah Suriah yang selamatkan seorang gadis cilik di bawah tembakan sniper ternyata sebuah film buatan seorang sutradara Norwegia dan direkam di Malta

OSLO (SALAM-ONLINE): Video yang menampilkan seorang bocah Suriah yang menyelamatkan seorang gadis kecil di tengah hujanan tembakan para sniper ternyata bukan menunjukkan kejadian sungguhan. Demikian dilaporkan BBC.

Video yang sudah ditonton jutaan kali di situs YouTube itu ternyata direkam di Malta pada Mei lalu, diperankan para aktor dan aktris profesional. Film itu diarahkan oleh sutradara Norwegia, Lars Klevberg.

“Jika saya bisa membuat sebuah film yang sangat terlihat nyata, banyak orang akan menyebarkannya dan bereaksi dengan harapan,” kata Klevberg kepada BBC, Jumat (14/11/2014), seperti dikutip kompas.com, Ahad (16/11)

Dalam video itu ditampilkan seorang bocah pemberani yang menerjang hujanan tembakan para sniper untuk menolong seorang gadis cilik yang bersembunyi di balik sebuah bangkai mobil.

Dalam video itu, si bocah bahkan pura-pura jatuh tertembak untuk mengelabui para penembaknya. Dia akhirnya berhasil membawa gadis kecil itu ke tempat aman dengan menerobos hujanan tembakan. Ini videonya: http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=mgwO6oni-wY

Hingga Sabtu (15/11/2014), video itu sudah ditonton lebih dari enam juta kali di tengah perdebatan soal keasliannya. Film itu sendiri mendapatkan dana Institut Film Norwegia (NFI).

Menurut BBC, para pembuat film itu tidak pernah menyembunyikan niat mereka mengunggah video itu ke dunia maya tanpa menyebut apakah film itu sungguhan atau fiksi saat mengajukan permohonan bantuan dana.

Video itu menjadi sangat populer setelah tim produksi mengunggahnya ke YouTube, dan mengirim kicauan lewat Twitter untuk memicu perdebatan.

Konflik Suriah yang pecah hampir empat tahun lalu itu sudah mengakibatkan 195.000 orang meregang nyawa dan menjadikan separuh populasi negeri itu kini berstatus pengungsi.

Perang Suriah menjadi keprihatinan tersendiri di Norwegia, negeri dengan warganya yang dikabarkan paling banyak turut bertempur di Suriah jika dilihat dari perbandingan dengan jumlah penduduknya. Mereka bergabung dengan Mujahidin melawan rezim Asad. (bbc/kompas.com)

salam-online

Anda mungkin juga berminat