Mujahidin Jabhah Nushrah dan Milisi Syiah Baku Tembak di Perbatasan Suriah-Lebanon

Suriah-Mujahidin Jabhah Nushrah-jpeg.image
Mujahidin Jabhah Nushrah

QALAMOUN (SALAM-ONLINE): Mujahidin Jabhah Nushrah terlibat baku tembak dengan milisi Syiah “Hizbullah” Lebanon di daerah pegunungan di perbatasan Suriah-Lebanon, Sabtu (3/1), demikian keterangan sumber keamanan setempat kepada Reuters. Milisi Syiah Lebanon itu merupakan pendukung rezim Suriah pimpinan Basyar Asad.

Dalam beberapa bulan belakangan, pertempuran berkobar di daerah Qalamoun yang membentang di sepanjang perbatasan barat Suriah dengan Lebanon. Lebanon terancam terseret semakin dalam pada perang yang berlangsung hampir empat tahun tersebut.

Kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang bermarkas d Inggris mengatakan, Jabhah Nushrah menyerang milisi Syiah dan tentara Suriah dengan mortir dan senjata api. Sementara pihak militer rezim Asad itu membalas dengan menembaki daerah-daerah di Qalamoun.

Kelompok Syiah dukungan Iran itu telah mengirim ribuan milisinya untuk mendukung tentara rezim Suriah dalam konflik tersebut dan secara reguler terlibat baku tembak dengan pejuang Islam.

Baca Juga

Kepala aparat keamanan Lebanon mengemukakan kepada Reuters bahwa kelompok pejuang Islam Suriah di pegunungan Qalamoun sedang berusaha menguasai desa-desa Lebanon terdekat untuk mendukung posisi tempur mereka.

Suriah-Tembakan tank Mujahidin tepat menghantam salah satu posisi pasukan rezim Syiah Nushairiyah-1-jpeg.image
Tembakan tank Mujahidin tepat menghantam salah satu posisi pasukan rezim

Tahun lalu perang di Suriah meluas ke Lebanon selama beberapa kali. Pejuang Islam Suriah seperti Jabhah Nushrah menyerang kota perbatasan Arsal Agustus tahun lalu dan menangkap tentara-tentara Lebanon. (Antara)

salam-online

Baca Juga