Pemberontak Syiah Houthi Blokade Bantuan Kemanusiaan ke Yaman

Yaman-pemberontak Syiah Houthi-2-jpeg.image
Pemberontak Syiah Houthi

SANA’A (SALAM-ONLINE): Pemberontak Syiah Houthi yang didukung Iran memblokir bantuan kemanusiaan yang akan masuk ke Yaman.

Menurut juru bicara Koalisi Negara Arab, Brigjend Ahmed Asiri, seperti dilansir Al Arabiya, Senin (13/4), pasukan koalisi berupaya untuk menghentikan perang sementara, guna memungkinkannya pengiriman bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah konflik itu.

Awal pekan ini, Rusia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan gencatan senjata sementara dan memberlakukan “jeda kemanusiaan”, sehingga memungkinkannya pengiriman bantuan dan obat-obatan masuk ke Yaman.

Asiri menambahkan bahwa dalam beberapa hari ke depan situasi akan memudahkan warga sipil di Yaman untuk menerima pelayanan kesehatan.

Baca Juga

Selain itu beredar kabar tewasnya pemimpin pemberontak Syiah Houthi Yaman, Abdel Malik Al Houthi, yang didukung Iran. Namun, berita ini belum bisa diverifikasi kebenarannya.

Asiri juga mengatakan bahwa situasi di perbatasan Saudi dalam keadaan stabil dan belum ada pertempuran besar dengan pemberontak Syiah Houthi di sana.

Sumber: Al Arabiya

salamonline.co

Baca Juga