Rezim Suriah Kembali Lancarkan Serangan, 49 Warga Sipil Meregang Nyawa

Suriah-serangan rezim suriah tewaskan 49 warga sipil-jpeg.imageIDLIB (SALAM-ONLINE): Sedikitnya 49 warga sipil, termasuk enam anak-anak, meninggal dalam serangan udara pasukan rezim Suriah di kawasan barat laut negara itu, Senin (8/6), seperti dilansir BBCnews.

Lembaga Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah yang berkantor di Inggris mengatakan rudal-rudal menghantam sebuah alun-alun di kampung al-Janudiya yang dikuasai Mujahidin.

Banyak warga yang sedang berkumpul di sana karena ingin berbelanja.

Al-Janudiya terletak di Provinsi Idlib, yang sekarang berada di bawah kekuasaan Mujahidin.

Aliansi oposisi yang melawan rezim Basyar al-Asad, termasuk Barisan Jabhah Nushrah, menguasai ibukota provinsi itu pada akhir Maret lalu dan sebulan kemudian mereka juga berhasil merebut kota penting, Jisr al-Shughour, dekat al-Janudiya.

Kelompok oposisi terus melangkah maju. Kini dilaporkan mendekati Provinsi Lattakia di kawasan pantai, yang merupakan basis kuat dan kampung kelahiran Basyar Asad.

Baca Juga

Diperkirakan korban jiwa akibat serangan udara terbaru di al-Janudiya ini masih akan meningkat karena sejumlah orang menderita cedera dan berada dalam kondisi kritis.

Rezim Suriah hingga saat ini tidak memberikan komentar atas laporan tentang serangan tersebut.

PBB memperkirakan lebih dari 220.000 orang korban jiwa sejak maraknya perlawanan menentang rezim Basyar Asad yang dimulai sekitar empat tahun lalu. Sementara sekitar 12 juta orang harus mengungsi meninggalkan rumah mereka. (BBC)

salamonline

Baca Juga