Imarah Islam Afghanistan Memiliki Pemimpin Baru

Taliban-1-jpeg.image
Kelompok Taliban Afghanistan

SALAM-ONLINE: Imarah Islam Afghanistan (IIA) yang dimotori oleh kelompok Taliban memiliki pemimpin baru. Sumber yang dekat dengan para pemimpin Taliban Afghanistan mengatakan bahwa kelompok itu telah memiliki seorang pemimpin baru menyusul berita kematian pemimpin mereka, Mullah Omar.

Orang nomor dua di Taliban, Mullah Mansour kini menggantikan Mullah Omar yang dilaporkan telah wafat.

Sumber BBC mengatakan, sebelumnya tokoh-tokoh senior Taliban, termasuk para komandan militer, menghendaki putra Mullah Omar yang menggantikan posisi ayahnya itu.

Menurut sumber Afghanistan, pemimpin Taliban itu meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Karachi, Pakistan. Namun Pakistan selalu membantah bahwa Mullah Omar berada di negaranya.

Baca Juga

Sementara itu, Pakistan menyatakan bahwa perundingan babak kedua antara kelompok-kelompok yang bertikai di Afghanistan tertunda atas permintaan pihak Taliban.

Kementerian luar negeri Pakistan menyatakan ini disebabkan ketidakpastian yang muncul menyusul laporan kematian Mullah Omar.

Perundingan babak pertama terjadi pada Juli tahun lalu, di Islamabad, Pakistan. Hingga saat ini, pihak Pakistan sendiri belum mengonfirmasi mengenai kematian Mullah Omar.

Sumber: BBC

Baca Juga