Arab Saudi Tetapkan Idul Adha 24 September

Ka'bah-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Arab Saudi mengumumkan pada Ahad bahwa Idul Adha 1436 Hijriyah jatuh pada Kamis, 24 September, Al Arabiya News Channel melaporkan Ahad (13/9). Penetapan itu lebih awal dari yang diprediksi.

Pengumuman ini dibuat setelah otoritas resmi kerajaan melakukan pengamatan terhadap bulan. Setelah hilal terlihat, otoritas negeri ini kemudian menetapkan awal bulan Zulhijjah yang merupakan bulan ke-12 atau terakhir dalam kalender Islam. Sistem Kalender Islam berpatokan pada penampakan bulan.

Sebelumnya pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam sidang itsbatnya, Ahad (13/) petang, juga telah menetapkan Idul Adha pada tahun ini jatuh pada Kamis, 24 September.

Sementara Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada 23 September 2015. Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu’thi menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal.

Baca Juga

“Tentang awal bulan Zulhijah, Muhammadiyah sudah menetapkan dari sebulan lalu, bahwa jatuhnya Senin 14 September 2015. Jadi Senin adalah awal bulan Zulhijah dan tanggal 23 September adalah Idul Adha,” ujar Wakil Sekretaris Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma’rifat Iman di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Ahad (13/9/2015). (mus/salam-online)

Sumber: AlArabiya.net

Baca Juga