Hindari Virus Mers, Pemerintah Saudi Larang Sembelih Unta pada Musim Haji Tahun ini

Unta-jpeg.imageRIYADH (SALAM-ONLINE): Pemerintah Arab Saudi melarang penyembelihan unta di Makkah dan Madinah selama musim haji tahun ini. Larangan itu, seperti dilansir sabq.org dan watan.com, Sabtu (12/9), dilakukan setelah banyaknya korban jiwa akibat virus MERS. Berdasarkan penelitian, virus ini tersebar dari unta.

Lembaga fatwa Arab Saudi telah mengeluarkan larangan tersebut, dengan memberikan solusi bagi yang ingin berkurban pada tahun ini cukup dengan kambing atau sapi saja, karena kedua jenis hewan ini tidak menyebarkan virus MERS.

Pelarangan ini dilakukan oleh Lajnah Daimah untuk menghindari tersebarnya virus MERS pada jamaah haji, mengingat hingga kini belum ada obat yang tepat untuk mengatasi penyakit ini.

Fatwa bernomor 26608 bertanggal 26 Dzulqa’dah 1436 H ini ditandatangani oleh Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad Al Syaikh sebagai ketua. Fatwa itu menyatakan: “Lajnah Daimah melarang bagi siapapun untuk memasukkan unta ke daerah Masya’ir (Mekkah dan Madinah) dan mencukupkan untuk menyembelih sapi dan kambing untuk hadyu, kurban dan fidyah, dengan tidak menyembelih unta. Hal ini untuk menghindari tersebarnya virus ini di antara para jamaah haji, yang bisa mengakibatkan tersebarnya virus ini lebih luas lagi ketika mereka pulang ke negerinya masing-masing.”

Baca Juga

Untuk diketahui, dari tahun 2012, lebih dari 500 orang di Arab Saudi terjangkit virus MERS. Atas rekomendasi fatwa dari Lajnah Daimah, pemerintah pada tahun ini memberlakukan larangan penyembelihan unta di tempat berkumpulnya para jamaah haji seperti Makkah dan Madinah. (ay/salamonline)

Sumber: sabq.org dan watan.com

Baca Juga