Tengku Zulkarnaen: “Tak Boleh Berspekulasi Menuduh Saudi tak Becus Tangani Haji”

Tengku Zulkarnaen-5-foto-EZ-salamonline-1-jpeg.image
Tengku Zulkarnaen (Foto: EZ/salam-online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Tengku Zulkarnain menuturkan pihak Kerajaan Saudi Arabia sudah melakukan penanganan yang baik terhadap para jamaah haji yang terkena musibah di Mina.

“Sekarang Saudi Arabia sedang melakukan investigasi, dan ini memakan waktu, sebab harus melihat saksi, memeriksa CCTV, harus diteliti, seperti ini kita tidak boleh berspekulasi menuduh Saudi Arabia tidak becus dalam menangani haji. Pelayanan yang Saudi berikan sudah cukup baik, “ tutur Tengku Zulkarnain saat ditemui di Kantor MUI Pusat, Selasa (29/9).

Tengku menilai bahwa Saudi Arabia sedang terus mengupayakan investigasi langsung para korban dengan teliti dan benar, mengumpulkan bukti-bukti yang valid. Ia mengimbau kepada pihak-pihak tertentu agar tidak menyalahkan Saudi Arabia karena sesuatu hal yang sifatnya masih spekulasi.

Baca Juga

“Kita harus menunggu sampai berita resmi dari pihak kerajaan Saudi keluar berupa bukti-bukti yang valid. Saya yakin Saudi akan melakukan investigasi jujur dan benar. Kalau ada pihak-pihak menyalahkan Saudi itu sangat tidak tepat, sebelum ada investigasi yang pasti,” tambahnya.

Menurutnya, Kerajaan Saudi sudah memberikan pelayanan dengan proporsional kepada para jamaah haji. Hanya saja ia menilai kejadian di Mina tersebut adalah musibah yang Allah berikan kepada para hamba-Nya.

“Melayani orang satu juta-dua juta sehari itu sangat rumit. Saudi itu setiap hari menerima tamu-tamu Allah, bayangkan tempat tinggal, memberi makan, tentu suatu hal yang sangat berat, saya pikir Saudi sudah proporsional dalam hal itu,“ ujar Tengku. (EZ/salam-online)

Baca Juga