Turki Tembak Jatuh Drone ‘tak Dkenal’ di Dekat Perbatasan Suriah

Turki tembak jatuh drone di dekat perbatasan suriah-ilustrasi-jpeg.imageANKARA (SALAM-ONLINE): Angkatan udara Turki pada Jumat (16/10) menembak jatuh sebuah drone, pesawat tanpa awak, yang “tak dikenal” karena memasuki wilayah udaranya di dekat perbatasan Suriah.

Pejabat militer AS menyebut drone yang ditembak jatuh itu milik Rusia, meskipun negara beruang merah itu tidak mengakuinya.

Mengutip militer Turki, AFP melansir, drone itu ditembak karena telah melanggar wilayah Turki di dekat perbatasan Suriah.

Pejabat militer Turki itu juga mengatakan, Rusia sudah dua kali melanggar wilayah udara negaranya dalam bulan ini saja. Dikatakan, bahwa pesawat yang ditembak jatuh itu sudah tiga kali mendapat peringatan dari pesawat tempur Turki, tapi tak menghiraukan peringatan tersebut.

Baca Juga

Rusia ingin menepis dengan mengatakan bahwa semua drone miliknya yang beroperasi di Suriah dalam kondisi baik-baik saja dan beroperasi secara normal.

Namun militer Turki mengatakan telah mengeluarkan tiga kali peringatan setelah pesawat itu memasuki wilayah udara Turki, yang akhirnya menembaknya dan jatuh di atas provinsi tenggara Kilis.

Seperti diketahui, Rusia melakukan intervensi militer ke Suriah untuk membantu rezim Basyar Asad melawan rakyat dan kelompok-kelompok penentangnya, sebaliknya Turki mendukung rakyat Suriah dan oposisi yang menentang rezim Basyar Asad. (mus/AFP)

Baca Juga