Menlu Polandia: “Kami Bisa Bantu Pengungsi Suriah untuk Bentuk Pasukan Bebaskan Tanah Air Mereka”

Polandia-Menlu Witold Waszczykowski-jpeg.image
Menlu Polandia Witold Waszczykowski

WARSAWA (SALAM-ONLINE): Menteri Luar Negeri baru Polandia Witold Waszczykowski mengatakan ratusan ribu pengungsi Suriah yang tiba di Eropa dapat dilatih untuk membentuk tentara dan kembali ke Suriah ‘membebaskan’ tanah air mereka.

“Ratusan ribu warga Suriah telah datang ke Eropa baru-baru ini. Kami bisa membantu mereka membentuk pasukan,” kata Waszczykowski kepada televisi publik pada Ahad (15/11) malam, seperti dilansir Memo, Selasa (17/11).

Baca Juga

Witold mengatakan, puluhan ribu pemuda turun dari perahu karet mereka dengan iPad di tangan dan bukannya meminta minuman atau makanan. “Mereka bertanya, di mana mereka dapat mengisi ponsel mereka. Mereka bisa pergi berjuang untuk membebaskan negara mereka dengan bantuan kami,” ungkap Witold.

Menteri Dalam Negeri Polandia, Konrad Szymanski, mengatakan sebelumnya pada Sabtu (14/11), bahwa Warsawa tidak lagi menganggap rencana Uni Eropa untuk mendistribusikan pengungsi di seluruh Eropa sebagai “kemungkinan politik” sebagai reaksi serangan di Paris. Tapi Waszczykowski mengonfirmasi pada Ahad bahwa negaranya berencana untuk menghormati Keputusan Uni Eropa. (EZ/salam-online)

Baca Juga