Saudi Tegaskan Dukung Rakyat Suriah Gulingkan Basyar Asad

Menlu Saudi Arabiya-jpeg.image
Menlu Saudi Arabia Adel Al-Jubeir

VIENNA (SALAM-ONLINE): Menteri Luar Negeri Saudi Arabia Adel Al-Jubeir mengatakan pada Sabtu (14/11) bahwa negaranya akan terus memberikan dukungan kepada rakuat Suriah untuk mengakhiri kepemimpinan rezim Basyar Asad.

“Kami akan terus mendukung rakyat Suriah,” kata Adel Al-Jubeir di sela-sela KTT keempat negara-negara Arab dan Amerika Selatan di Wina Austria seperti dilansir Saudigazette, Senin (16/11).

Adel juga mengumumkan bahwa Saudi Arabia akan tetap memegang komitmen tentang sikap kontra negaranya terhadap Basar Asad dalam pertemuan ketiga Konferensi Wina yang membahas masalah Suriah.

“Kami akan mendukung penuh proses politik dalam rangka mengakhiri kekuasaan Basyar Asad atau mendukung menggulingkan Asad dengan opsi militer yang akan menurunkan Asad, dan kita akan terus mendukung rakyat Suriah yang ditindas rezim Asad,” tegasnya.

Baca Juga

Pihak-pihak yang terlibat dalam pertemuan di Wina sepakat untuk memulai proses politik di Suriah di bawah naungan PBB, termasuk masa transisi selama 6 bulan tanpa menentukan kejelasan nasib Basyar Asad.

Ia juga mengatakan negara-negara yang mengikuti pertemuan sepakat untuk menekan pihak-pihak yang terlibat di balik penyerangan Rusia terhadap rakyat Suriah.

PBB sendiri telah merilis korban meninggal dalam konflik Suriah sejak Maret 2011 itu sudah lebih dari 250.000 jiwa. (EZ/salam-online)

Sumber: Saudigazette

Baca Juga