Warga Sipil Suriah Dirudal, Kedubes Rusia di Turki Didemo Partainya Presiden Erdogan

Suriah-Kota Perbukitan Jabal Turkman, Suriah yang dirudal Rusia dan rezim Asad-jpeg.image
Kota Perbukitan Jabal Turkman, Suriah yang dirudal Rusia dan rezim Asad

LATTAKIA (SALAM-ONLINE): Warga di kota perbukitan perbatasan Turki-Suriah di Jabal Turkman melancarkan protes. Mereka pada Ahad (22/11) lalu mengecam serangan yang dilakukan oleh pasukan yang setia kepada rezim Asad terhadap desa-desa di Turkman, wilayah provinsi Lattakia, Suriah.

Di ibu kota Ankara, para anggota AK Party (AKP), partainya Presiden Erdogan, seperti dilansir Middle East Monitor (MEMO), Senin (23/11), memprotes keras Kedutaan Besar Rusia dengan meletakkan karangan bunga yang busuk di depan kedubes tersebut.

Aksi demo tersebut dilakukan sebagai bentuk protes dari warga Turki kepada Rusia yang dengan sengaja menembakkan rudal ke arah masyarakat sipil di wilayah Turkman itu. AKP juga menggelar demonstrasi serupa di provinsi utara Samsun dalam waktu yang bersamaan.

Di Istanbul, sekelompok mahasiswa melakukan demonstrasi di depan Konsulat Jenderal (Konjen) Rusia. Protes itu dilakukan oleh mahasiswa serikat Turki. Para pengunjuk rasa yang membawa spanduk menuntut Rusia harus meninggalkan Suriah dan menghentikan penyerangan yang dilakukan secara brutal tersebut.

Baca Juga

Kelompok yang terlibat dalam aksi demonstrasi adalah termasuk dari seluruh anggota partai AK Party yang menyuarakan protesnya atas serangan yang dilakukan oleh Rusia kepada Muslim di Suriah.

Menurut kementerian luar negeri Turki, desa Turkman mengalami kondisi cukup parah akibat serangan yang dilakukan oleh Rusia di wilayah Bayırbucak, dekat dari laut Suriah dan berbatasan dengan Turki di wilayah Yayladağ provinsi Hatay. (EZ/salam-online)

Sumber: MEMO

Baca Juga