Bahas Palestina, PM Turki Ahmet Davotoglu Bertemu Pemimpin Hamas Khaled Misy’al

resized_da85a-2203_eng_picture_20151220_7103507_7103508
PM Ahmet Davutoglu dan Khaled Misy’al

ANKARA (SALAM-ONLINE): Bahas Palestina terkini, Pemimpin Biro Politik Hamas Palestina, Khaled Misy’al, bertemu dengan Perdana Menteri Turki Ahmet Davotoglu di Ankara pada Ahad (20/12).

Davutoglu dan Misy’al mengadakan pembicaraan selama lebih dari dua jam di kantor Perdana Menteri Turki di Kota Cankaya.

Sebelumnya, pada Sabtu, Misy’al bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Grand Mabeyn dalam komplek Istana Yıldız di distrik Beşiktaş, Istanbul.

Misy’al dikabarkan menginformasikan kepada Presiden Erdogan perkembangan terakhir di Timur Tengah.

Terakhir kali Erdogan dan Misy’al bertemu pada 13 Agustus lalu. Ketika itu keduanya membahas perkembangan terbaru di Palestina, termasuk peran Turki. Sejak Oktober lalu, negara yang tengah dijajah Zionis itu telah dilanda gelombang kekerasan.

Meskipun kekerasan itu awalnya berpusat Yerusalem Timur, terutama disebabkan keputusan Zionis “Israel” yang membatasi masuknya jamaah Muslim ke Masjid Al Aqsha, namun sebagian besar kasus kematian sejak akhir Oktober lalu telah terjadi di Tepi Barat. Dan Kota Hebron terkena dampak paling buruk.

Baca Juga

Pada puncak kekerasan, “Israel” menerapkan langkah-langkah keamanan ketat. Polisi bersenjata dan pasukan paramiliter penjajah ditempatkan di seluruh Yerusalem Timur dan beberapa lingkungan di Palestina yang diblokade.

Namun, Zionis “Israel” menuduh kelompok perlawanan Palestina, khususnya Hamas, telah memprovokasi serangan terhadap sang penjajah dan menyatakan bahwa membunuh orang Palestina dengan tembak di tempat adalah untuk membela diri.

Sejak 1 Oktober, 125 warga Palestina gugur akibat serangan pasukan Zionis, termasuk 25 anak-anak dan lima perempuan.

Setidaknya 92 orang dibunuh. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, 55 jasad mereka masih ditahan oleh otoritas penjajah Zionis. (EZ/salam-online)

Sumber: Yenisafak dan Middleeastmonitor

Baca Juga