Fahri Hamzah: “Waspadai Penjelmaan ISIS Sebagai Inspirator Aksi-aksi Kekerasan atas Nama Islam”

CZjWS6aUUAAfXuq
Fahri Hamzah bersama Delegasi Indonesia di depan Kedubes RI di Baghdad (Dok. Fahri Hamzah)

BAGHDAD (SALAM-ONLINE): Dalam rangka mempererat hubungan diplomatik dengan Pemerintah dan Parlemen Irak, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memimpin delegasi Indonesia untuk menghadiri Sidang Parliamentary Union of Islamic Countries (PUIC) ke-11 di Rasheed Hotel, Baghdad, Irak, Ahad (24/1).

Kehadiran delegasi Indonesia dilakukan, antara lain, untuk mempererat hubungan antara pemerintah Irak dengan Indonesia dan adanya rencana membebaskan Palestina untuk Persatuan Negeri yang diimpikan.

“Sidang PUIC kali ini diselenggarakan di tengah-tengah situasi dunia yang masih jauh dari kondisi aman dan sejahtera. Merupakan tugas kita bersama, anggota parlemen, untuk bekerja keras memberi kontribusi pada perdamaian dunia, kemaslahatan umat Islam dan kesejahteraannya,” ujar Fahri Hamzah kepada redaksi, Senin (25/1).

CZjWS6bUAAAkBeC
Fahri Hamzah bersama Dubes Indonesia untuk Irak di Kedubes RI di Baghdad (Dok. Fahri Hamzah)

Dalam pidatonya di Sidang PUIC itu, Ketua Delegasi Indonesia Fahri Hamzah menegaskan, sejak mencuatnya di percaturan global, ISIS kini menjelma sebagai kekuatan “teror” paling menakutkan. Operasi-operasi ISIS, kata Fahri, bukan saja mengganggu upaya-upaya kita untuk membangun masyarakat dunia yang lebih beradab, namun lebih dari itu.

Baca Juga

“Lebih jauh, ISIS telah kembali menghidupkan budaya kekerasan yang kerap dinisbatkan kepada Islam menyusul redupnya popularitas kelompok Al-Qaidah. ISIS telah menginspirasi kelompok-kelompok radikal di berbagai belahan dunia Islam untuk bergabung bersamanya atau sekadar mengklaim diri sebagai bagian dari kekuatan ISIS,” ungkap Fahri.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebutkan, situasi tersebut mendorong orang-orang yang di belakang ISIS semakin berbangga diri. Adalah tidak mustahil, menurutnya, ketika tindak “terorisme” dan aksi pengeboman meletus di belahan mana pun di dunia, lantas jaringan ISIS internasional langsung mengklaim bahwa aksi tersebut sebagai bagian dari operasi mereka.

“Inilah yang harus kita waspadai bersama, yaitu penjelmaan ISIS sebagai inspirator aksi-aksi kekerasan atas nama Islam,” tegas Fahri.CZjWS6nUkAASnW3

Turut hadir dalam sidang Parliamentary Union of Islamic Countries (PUIC) ke-11 antara lain, Ketua Delegasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Ketua-Ketua Parlemen PUIC, Ketua-Ketua Delegasi, Anggota-Anggota Parlemen, Sekjen PUIC.

Setelah menghadiri sidang Parliamentary Union of Islamic Countries, Fahri Hamzah melakukan kunjungan bersama ke KBRI di Baghdad dan bertemu dengan beberapa delegasi Indonesia dan lainnya. (EZ/salam-online)

Baca Juga