Kritik AS, Menlu Prancis Kecam Rusia & Iran yang Terlibat dalam Kebrutalan di Suriah


file-10-1455118890039813600

Menlu Laurent Fabius

PARIS (SALAM-ONLINE): Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius pada Rabu (10/2) mengeluarkan pernyataan kecaman bahwa Rusia dan Iran terlibat dalam kebrutalan yang terjadi di Suriah dengan membantu rezim Basyar Asad memerangi warga sipil.

“Rezim Asad berperang dengan cara yang brutal, itu sungguh menakutkan. Saya tegaskan bahwa Rusia dan Iran terlibat di balik serangan tersebut,” kata Fabius kepada anggota parlemen, sebagaimana dilansir ArabNews, Kamis (11/2).

Fabius juga mengritik peran AS di Suriah. Ia mengatakan tidak melihat komitmen yang sangat kuat dari Washington untuk segera menghentikan penderitaan rakyat Suriah.

“Sikap AS tidak jelas dan tidak menentu. Anda akan mendapatkan bahwa AS tidak memiliki komitmen,” ungkap Fabius kepada wartawan sesaat sebelum dirinya mengundurkan diri setelah hampir empat tahun menjabat sebagai menteri luar negeri.

Pernyataan itu disampaikan saat pasukan rezim Asad, yang didukung oleh Rusia dan Iran, mengepung kota Aleppo.

“Hanya berkata-kata, tapi tidak ada tindakan yang lain. Jika seperti itu jelas Asad mendapatkan kembali kekuatan,” kata Fabius. (EZ/salam-online)

Sumber: Arab News