Harian di Manila Beritakan Otoritas Filipina Gagalkan Rencana Agen Iran Bajak Pesawat Saudi

Saudi Arabian Airlines (Plane)RIYADH (SALAM-ONLINE): Otoritas Filipina diberitakan berhasil menggagalkan upaya pembajakan sebuah pesawat Saudi Arabian Airlines (SAA) di Bandara Internasional Manila Ninoy Aquino.

Menurut sebuah harian yang berbasis di Manila, otoritas Filipina menggagalkan rencana itu dan menyita dokumen-dokumen rahasia yang mengonfirmasi rencana tersebut.

Surat kabar itu seperti dilansir Arab News, Rabu (24/2), melaporkan, tim yang terdiri dari 10 konspirator (agen rahasia) meninggalkan Iran baru-baru ini pada penerbangan terpisah dan tiba di beberapa negara di Asia Tenggara melalui Turki. Mereka berencana untuk melaksanakan tugas rahasia tersebut di Malaysia, Indonesia, atau Filipina.

Menurut Manila Bulletin, Kedutaan Arab Saudi di Manila telah meminta pihak berwenang bandara di ibu kota Filipina itu agar menginstal perangkat skrining untuk memperketat prosedur keamanan bagi penumpang yang melakukan perjalanan dengan pesawat Saudi.

Abdulrahman Al-Fahad, juru bicara Saudi Arabian Airlines, mengatakan perusahaan memberikan prioritas utama untuk keamanan pesawat. Keamanan pesawat adalah tanggung jawab internasional, katanya.

Baca Juga

Departemen keamanan penerbangan di Saudi bekerjasama dengan instansi lain untuk meningkatkan keamanan, kata juru bicara itu.

“Kami berada dalam kontak intens dengan semua pemangku kepentingan untuk menjamin keamanan pesawat dan penumpang,” ujarnya.

Sumber: ArabNews

Baca Juga