Tolak Proyek Kereta Cepat, Keluarga Mahasiswa ITB Gelar Unjuk Rasa

Bandung-UNJUK rasa menolak rencana pembangunan kereta cepat di depan Hotel Panghegar Bandung, Jumat (19:2:2016)-Pikiran Rakyat
Unjuk rasa Keluarga Mahasiswa ITB di depan Hotel Panghegar, Bandung, Jumat (19/2/2016) yang juga menolak rencana pembangunan kereta api cepat. (Foto: Novianti Nurullah/Pikiran Rakyat)

BANDUNG (SALAM-ONLINE): Acara Sosialisasi Kereta Cepat Indonesia-Cina yang mengangkat topik ‘Geliat Kota Baru Dorong Pertumbuhan Ekonomi’ di Hotel Panghegar, Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/2), didemo puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB).

Presiden KM ITB 2016, M Mahardhika Zein mengatakan, pihaknya menolak pembangunan instan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sebelum adanya pengkajian ulang mengenai kelayakan finansial proyek.‎

“Kami meminta Menteri BUMN untuk memberikan kejelasan berkaitan dengan proyek ambisius yang dinilai sarat kepentingan asing dan bernuansa politis,” kata Mahardika, seperti diberitakan RMOLJabar.com‎, Jumat (19/2).

Sementara itu, koordinator aksi, Luthfi mengatakan bahwa pihaknya juga menuntut agar proses pembangunan sesuai dengan aturan, prosedur, dan kaidah yang berlaku.

‎Mereka juga menilai, proyek tersebut kontradiktif dengan janji Jokowi yang akan meningkatkan pembangungan di luar Jawa dan membangun kemaritiman.

Baca Juga

‎”Lebih baik di arahkan di sana. Banyak timbul pertanyaan, atas dasar kepentingan siapa,” katanya.

Dalam aksinya ini para mahasiswa membawa pataka dan poster bergambar Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Rini Soemarno yang di dalamnya terdapat kalimat kritis menolak proyek kereta cepat ini.

Selain itu, kata dia, rencana pembangunan kereta cepat itu akan dibuat pada tahun 2030, tapi kenapa harus dibangun 2016-2019 ini dan dijadikan proyek nasional.

‎”Kami juga menilai banyak hak yang bertentangan, Perpres 107/2015 dengan Perpres nomor 3/2016,” ungkapnya. (RMOL.co)

Baca Juga