Pakar: ‘Reklamasi Teluk Jakarta tak Bermanfaat, Malah Rusak Lingkungan’

Proyek Reklamasi Pantai Jakarta-2
Foto dari udara: Proyek Reklamasi Teluk Jakarta disebut menindas, memiskinkan dan merampas sumber mata pencaharian warga pesisir, selain memperparah banjir Jakarta, pencemaran dan merusak lingkungan

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Selain bermasalah dengan aturan hukum yang belum jelas, Reklamasi Teluk Jakarta juga dinilai tidak bermanfaat sama sekali bagi lingkungan. Hal ini mempertegas informasi yang menyebut reklamasi bisa mengurangi banjir.

“Malah bisa memperparah, tidak ada manfaat bagi lingkungan sama sekali,” ujar Pakar Oseanografi dari Institut Pertanian Bogor, Alan Koropitan dalam diskusi bertajuk ‘Reklamasi Penuh Duri’ di Kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (9/4).

Ia mengatakan, dari sisi lingkungan reklamasi tidak bisa mencegah ada banjir di pesisir, mengurangi sendimentasi di sungai dan kualitas air di sekitarnya.

Hal ini juga diperkuat dengan laporan kesimpulan Danish Hydraulic Institute (DHI) pada 2011 yang menjadi konsultan Kementerian Luar Negeri dalam mengkaji dampak lingkungan dari terbentuknya 17 pulau reklamasi tersebut.

Baca Juga

“Dokumen ini dengan jelas, reklamasi membuat terjadi perlambatan kecepatan arus, material lama tertinggal, sendimentasi logam berat, sehingga yang ada ini makin memperparah pencemaran dan sedimentasi,” katanya.

Selain itu juga dapat dipastikan, akibat lanjutan dari reklamasi dapat membunuh biota di sekitar wilayah tersebut. Hal ini tentu akan merugikan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, yang juga menjadi korban dari segi sosial proyek reklamasi.

“Ada sekitar 18 ribu nelayan plus anak buah kapal, mau dikemanakan, tidak mudah merelokasi, nggak mudah mindahin mereka,” katanya.

Sumber: Republika Online

Baca Juga