Politisi PKS ini Ingin Proyek Reklamasi Jakarta Dihentikan Permanen, bukan Sementara

Andi Akmal Pasluddin-1
Andi Akmal Pasluddin

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Hasil pertemuan Komisi IV dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), menyepakati penghentian sementara proyek reklamasi pantai di utara Jakarta.

Namun tak semua anggota DPR setuju dengan kesepakatan itu. Anggota Komisi IV dari fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin, misalnya lebih setuju proyek itu dihentikan permanen, bukan sementara. Meski begitu, ia menghargai upaya audit lingkungan hidup yang dilakukan oleh Kementerian LHK.

“Amdal ini pintu masuk untuk mempermanenkan penghentian reklamasi,” tegas Andi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/4).

Menurut dia, proyek di pantai utara Jakarta itu lebih cenderung fokus pada pembuatan pulau-pulau baru dan mengabaikan ekosistem laut serta merugikan nelayan yang mencari nafkah di sekitar perairan.

Baca Juga

Selain itu, dia lebih setuju jika daerah perairan dimana 17 pulau dibangun dijadikan kawasan konservasi.

Terkait kerusakan lingkungan yang sudah terlanjur terjadi, ia mendesak pengembang proyek untuk memberikan ganti rugi kepada masyarakat jika mereka menuntut ganti rugi.

“Pengembang harus mengganti uang masyarakat. Itu risiko keterlanjuran, karena dia sudah membangun begitu massif, sementara urusan lingkungan, urusan perizinan belum selesai, jadi merugikan secara luas,” ujarnya.

Sumber: RMOL.co

Baca Juga