Ribuan Massa Demo Istana, Tuntut Reklamasi Jakarta Dihentikan Selamanya

RibuanXDemonstranXdemoXistana-1JAKARTA (SALAM-ONLINE): Ribuan massa dari Komite Masyarakat Jakarta Utara (Komju), Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Forum Komunikasi Nelayan (FKN) dan Kerukunan Nelayan Muara Angke (KNMA) menggelar demonstrasi di depan Istana Negara, Jakarta.

Demonstrasi mereka bagian dari perlawanan publik terhadap kebijakan reklamasi pantai utara Jakarta yang dimotori Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bagi organisasi-organisasi itu, kebijakan reklamasi adalah pangkal sebab maraknya penggusuran di wilayah Jakarta Utara seperti yang baru saja terjadi di Pasar Ikan.

Koordinator Komju, Ahmad Basyuni, mengatakan aksi gabungan ini membawa tiga tuntutan. Hentikan reklamasi Teluk Jakarta secara permanen, menolak penggusuran yang tidak manusiawi, dan meminta agar nasib nelayan di Jakarta lebih diperhatikan oleh pemerintah.

“Kendati reklamasi sudah dihentikan, itu kan sementara. Kami minta dihentikan selamanya. Kami juga menuntut agar tidak ada lagi penggusuran yang tidak berperikemanusiaan,” tegas Basuni seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis, (21/4).

Baca Juga

Basuni mengatakan pihaknya bersama para masyarakat pesisir dan nelayan menuntut agar nasib nelayan kecil di pantai Jakarta lebih diperhatikan. Ia menuntut Gubernur DKI Jakarta, Basuki Purnama atau Ahok, menjalankan apa yang diamanatkan Konstitusi dalam melayani rakyatnya.

“Kalau kebijakan pemerintah tidak mengacu pada Undang-Undang dan tidak berkeadilan sosial, maka kami akan terus melakukan protes,” ungkapnya.

Ia mengaku, selama ini pihaknya kerap mendapat laporan pengaduan dari masyarakat pesisir Jakarta yang diberlakukan tidak adil serta dianggap remeh. (RMOL.co)

Baca Juga