Tolak Reklamasi dan Segel Pulau G, Nelayan Teriak: “Turunkan Ahok!”

Ratusan Nelayan Tolak Reklamasi, Segel Pulau G-Foto-Foto- instagram @thisisindonesian:infojkt
Ratusan Nelayan Tolak Reklamasi, Segel Pulau G, serukan Ahok turun dari jabatannya. (Foto: instagram @thisisindonesian:infojkt)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Ratusan nelayan tradisional teluk Jakarta melakukan aksi teatrikal penyegelan di salah satu pulau hasil reklamasi yakni Pulau G. Mereka meminta proyek reklamasi dihentikan dan menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama turun dari jabatannya.

“Turunkan Ahok! Turunkan! Tolak reklamasi pantai,” teriak para nelayan di Pulau G, Ahad (17/4).

Akibat reklamasi, para nelayan mengaku semakin kesulitan dalam mendapatkan ikan yang berujung pada minimnya pendapatan dari hasil melaut.

“Kebutuhan kami semakin sulit, harga bahan pokok semakin naik. Tapi kenapa rakyat ditindas seperti ini,” seru salah satu nelayan. Para nelayan juga mendesak Presiden Jokowi agar mencabut izin reklamasi teluk Jakarta.

Seperti diberitakan, reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta belakangan ramai diperbincangkan. Polemik mulai muncul setelah KPK menetapkan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro, Ariesman Widjaja, sebagai tersangka kasus suap dalam pembahasan raperda zonasi tentang reklamasi.

Baca Juga

Reklamasi teluk Jakarta dinilai mengabaikan keresahan masyarakat dalam hal ini para nelayan. Tidak hanya itu, aspek lingkungan juga disebut-sebut akan berdampak secara signifikan jika reklamasi dilakukan.

Ratusan Nelayan Tolak Reklamasi, Segel Pulau G-Tribunnews
Ratusan Nelayan duduki dan segel Pulau G (Foto: Kompas.com)

Pulau G merupakan salah satu pulau yang proses reklamasinya berada di bawah PT Agung Podomoro.

Sumber: merdeka.com

Baca Juga