Singapura Janjikan Dua Pendiri ‘Teman Ahok’ yang Ditahan Akan Dipulangkan Hari Ini

Pendiri Teman Ahok Amalia Ayuningtyas saat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto-Kompas.com)
Pendiri “Teman Ahok” Amalia Ayuningtyas saat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Kompas.com)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Pihak Imigrasi Singapura dikabarkan telah memberi konfirmasi terkait penahanan dua pendiri “Teman Ahok”, Amalia Ayuningtyas dan Richard Handris Saerang. Seharusnya, mereka menghadiri acara Food Festival pada Sabtu (4/6).

Berdasarkan keterangan dari akun Facebook “Teman Ahok”, saat ini Amalia dan Richard diisolasi.

“Saat ini Amalia dan Richard diisolasi dan diputuskan kontaknya dari dunia luar, bahkan tidak bisa ditemui oleh KBRI.”

Dalam akun Facebooknya, “Teman Ahok” mengungkap bahwa pihak Imigrasi Singapura menjanjikan keduanya akan dipulangkan ke Tanah Air pada Ahad (5/6/2016) ini.

Baca Juga

“Pihak Imigrasi Singapura telah mengonfirmasi dan menjanjikan bahwa Amalia dan Richard akan pulang ke Tanah Air pukul 10.00 WIB Minggu pagi,” ungkap akun Facebook “Teman Ahok”.

“Kita berterimakasih dan berharap hal ini menjadi kenyataan. Karena sebelumnya dijadwalkan pukul 21.00 (Sabtu malam, red) ini tapi ternyata tidak terlaksana,” lanjut “Teman Ahok”.

Meski belum jelas apakah alasan keduanya ditahan oleh Pemerintah Singapura. Namun, beberapa sumber media menyebut kegiatan “Teman Ahok” bukanlah semata-mata menghadiri acara Food Festival di negara tetangga itu, melainkan mengumpulkan KTP warga DKI Jakarta yang ada di sana.

Kegiatan tersebut dilarang oleh otoritas Singapura karena mengandung politik tanpa izin. Pihak “Teman Ahok” meminta agar keduanya dilepaskan. (s)

Baca Juga