Bantah Penahanan ‘Teman Ahok’, Dubes RI: ‘Singapura Larang Warga Negara Lain Lakukan Kegiatan Politik’

Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya
Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya

SALAM-ONLINE: Dua pendiri “Teman Ahok”, Amalia Ayuningtyas dan Richard Saerang diberitakan ditahan dan diisolasi oleh otoritas Singapura. Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya meluruskan kabar itu.

“Tidak benar bahwa ada yang ditahan dan diisolasi di Singapura. Bahwa ada nama Amalia dan Richard itu benar, tetapi tidak benar kalau mereka ditahan,” ujar Ngurah seperti dilansir detikcom, Ahad (5/6/2016).

Menurut keterangan yang diperoleh pihak KBRI, kedua WNI tersebut dicegah melakukan kegiatan politik di Singapura. Undang-Undang Singapura melarang warga negara lain melakukan kegiatan politik.

“Nah, otoritas Singapura mencegah mereka melakukan kegiatan politik. Nama mereka kan sudah terkenal disebut-sebut sebagai ‘Teman Ahok’, jadi dicegah oleh otoritas Singapura,” ungkap Ngurah.

Baca Juga

Sementara itu pada akun twitter @temanAhok disebutkan bahwa Amalia dan Richard ke Singapura untuk menghadiri festival makanan. Namun informasi yang didapat KBRI Singapura berbeda.

“Setelah festival makanan kan kabarnya mereka akan melakukan pertemuan ‘Teman Ahok’, sosialisasi. Itu yang dilarang oleh pihak Singapura,” pungkas Ngurah.

Sumber: detikcom

Baca Juga