Pembebasan Kota Aleppo: Tewaskan Tentara Asad, Oposisi Suriah Rebut Sejumlah Wilayah

Suriah-Pejuang oposii saat persiapan serangan Ahad 31 Juli 2016
Oposisi Suriah saat persiapan serangan besar di Aleppo, Ahad (31/7). (Foto: Orient)

ALEPPO (SALAM-ONLINE): Kelompok pejuang yang tergabung ke dalam Jaisyul Fath mengumumkan Ahad (31/7) malam bahwa oposisi Suriah itu berhasil mengambil alih kendali sejumlah wilayah di dataran tinggi. Selain itu pejuang Suriah juga telah membunuh sejumlah anggota pasukan teroris Basyar Asad, di tengah pertempuran sengit dengan militer rezim dan milisi Syiah pendukungnya.

Tentara bayaran Syiah meninggalkan pos-pos mereka dan melarikan diri secara massal, demikian koresponden Orient News, Ahad (31/7) malam melaporkan.

Kemajuan yang diperoleh oposisi ini datang hanya beberapa jam setelah Jaisyul Fath mengumumkan serangan besar-besaran untuk membebaskan pengepungan (blokade) Kota Aleppo dari pasukan teroris rezim Basyar Asad. Dalam operasi gabungan ini, pejuang oposisi Suriah berhasil merebut Kota Mo’tah, al-Mahabba dan sejumlah titik basis pasukan rezim Basyar Asad di Aleppo.

Pada saat yang sama, pejuang oposisi mengambil alih Sekolah Al Hikmah dan sejumlah bukit di sekitarnya. Sementara kelompok Jabhah Fath Al Syam, salah satu faksi besar dalam kelompok Jaisyul Fath di Aleppo berhasil menghancurkan sejumlah tank pasukan Asad di al-pos pemeriksaan al-Ramoseh. Jabhah Fath juga telah menghancurkan peluncur roket Kornet di gedung akademi militer rezim Asad.

Baca Juga

Dilaporkan, dalam serangan besar-besaran untuk membebaskan Kota Aleppo ini, lebih dari sepuluh anggota milisi Syiah tewas.

Pejuang oposisi berupaya mengendalikan milisi Syiah di kawasan “Proyek 1070” di al-Hamdanyya. Pejuang Suriah itu kemudian berhasil mengambil alih Power Station dan menewaskan lebih dari delapan tentara bayaran Syiah, menurut sumber yang sama. (s)

Sumber: OrientNews

Baca Juga