Demo ‘Tangkap Ahok’ Hari Ini Digelar Serentak Usai Shalat Jumat di Berbagai Daerah

aksi-demo-ribuan-umat-islam-di-medan
Aksi Damai ribuan umat Islam di Medan pekan lalu

SALAM-ONLINE: Jumat pekan lalu, seratusan ribu umat Islam di Jakarta menggelar Aksi Damai Tangkap dan Penjarakan Ahok. Tak hanya di Jakarta. Medan, Padang, Riau, Palembang, Bengkulu, Lampung, Tegal, Jember, Surabaya, Solo, Makassar, Pontianak, Samarinda, dan lainnya menggelar aksi serupa.

Hari ini, Jumat (21/10/2016), kaum Muslimin di berbagai daerah kembali turun ke jalan untuk menggelar Aksi Demo “Tangkap Ahok” terkait dugaan penistaan terhadap Al-Qur’an, Ulama dan umat Islam yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu.

Tercatat, sejumlah daerah yang akan menggelar Aksi “Tangkap Ahok” hari ini adalah:

Surabaya

Aksi damai dan orasi di Kota Pahlawan ini akan dipusatkan di Masjid Al Akbar Surabaya. Usai Shalat Jumat peserta yang terdiri dari 70 ormas Islam dari Gerakan Umat Islam bersatu (GUIB) bergerak ke Mapolda Jatim.

Malang

Di Kota Apel ini rencananya ribuan umat Islam usai Shalat Jumat akan memenuhi Masjid Jami’ alun-alun kota, kemudian dilanjutkan long march ke Balai Kota. Demonstrasi tangkap Ahok di Malang ini melibatkan 60 Majelis dan ormas se-Malang Raya.

Baca Juga

Solo

Di kota yang pernah dipimpin Jokowi ini ribuan umat Islam usai shalat Jumat akan berkumpul di Masjid Agung Surakarta yang dilanjutkan dengan aksi unjuk rasa dengan peserta gabungan ormas Islam se-Solo Raya.

Bandung

Ribuan umat Islam Bandung Raya dan sekitarnya direncanakan akan shalat Jumat di Masjid Pusdai Jl. Diponegoro Kota Bandung. Kemudian massa dari 25 ormas Islam melanjutkan long march ke Gedung Sate, kantor Gubernur Jabar, yang diteruskan menuju Gedung Merdeka di Jl. Asia Afrika.

Aceh

Seperti di Pulau Jawa, rencananya ribuan umat Islam di “Serambi Makkah” ini juga akan turun ke jalan. Aksi dimulai usai shalat Jumat di Masjid Al Makmur (Oman) dan dilanjutkan long march ke Masjid Baiturrahman. (s)

Baca Juga