Gagal Long March ke Bundaran HI, Massa Parade Bhineka Tunggal Ika Ganti Rute

parade-bti-7
Sumber Foto: JITU Islamic News Agency

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Parade Bhinneka Tunggal Ika yang sedianya akan melakukan Long march dari Bundaran Patung Kuda menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), pada sabtu (19/11/2016), terpaksa dibatalkan lantaran pihak kepolisian melarang.

Sebagai alternatif, polisi memberikan izin ratusan massa parade yang berasal dari beberapa daerah itu untuk berganti rute, yaitu Patung Kuda-Tugu Tani. Meskipun begitu massa yang berjalan tidak sampai Tugu Tani. Massa sudah memutar arah saat baru sampai di Gambir.

Sebagaimana pantauan JITU Islamic News Agency (INA), saat massa berada di jalan Merdeka Selatan, mengakibatkan kemacetan parah. Itu lantaran keputusan untuk berjalan menuju Tugu Tani dilakukan mendadak dan tidak ada persiapan rekayasa lalu lintas sebelumnya.

Penggagas Parade Bhineka Tunggal Ika, Nong Darol Mahmada mengatakan, meskipun dirinya kecewa lantaran tidak diberi izin untuk long march menujuh Bundaran HI, namun dia merasa taat hukum karena mengindahkan instruksi aparat.

Baca Juga
parade-bti-8
Sumber Foto: JITU Islamic News Agency

“Karena Bundaran HI tidak boleh untuk melakukan kegiatan, kita tetap jalan menuju Jalan Merdeka Selatan. Meskipun begitu kita harus taat hukum,” kata Nong dari atas panggung kepada massa yang kepanasan.

Reporter: Nizar Malisy/JITU Islamic News Agency

Baca Juga