Masjid tak Mampu Menampung, Begini Suasana Shalat Jumat di Jl Thamrin–Bundaran BI Saat Aksi 411

shalat-jumat-saat-aksi-411-1
Foto: JITU Islamic News Agency

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Apa jadinya jika jutaan orang berkumpul pada hari Jumat di jantung Ibu Kota? Adakah masjid yang mampu menampungnya?

Rupanya Masjid Istiqlal yang memiliki kapasitas lebih dari 200.000 orang tak kuasa menampung jutaan masyarakat yang hendak melaksanakan shalat Jumat pada Aksi Bela Islam 411 lalu.

Pantauan JITU Islamic News Agency (INA), saat Aksi 411 itu Masjid Istiqlal sudah terlalu penuh dan tak mampu lagi menampung jamaah. Akibatnya, jamaah meluber hingga ke jalanan luar Masjid dan mengular hingga Jalan Medan Merdeka Timur.

Tak hanya itu, Masjid-masjid di sekitarnya pun sudah penuh sejak pagi seperti Masjid Cut Meutia, Cut Nyak Din, Tanah Abang dan ratusan Masjid lainnya.

Lalu, di mana para jamaah melaksanakan shalat Jumat? Wartawan Kantor Berita Islam INA melaporkan di lapangan, jamaah menjalankan ibadah shalat Jumat di Jalan Protokol seperti Thamrin, Bundaran Bank Indonesia (BI), Budi Kemuliaan hingga Jalan Medan Merdeka Utara, di depan Istana Presiden.

Baca Juga

Sebagian polisi pun tampak berjaga-jaga agar suasana shalat Jumat di jalan itu berjalan tertib. Dari Jalan Thamrin hingga Bundaran BI misalnya, posisi imam shalat Jumat berada di mobil Yayasan Masjid Nusantara yang ‘nongkrong’ di kawasan itu.

Dengan tertib, ratusan ribu jamaah yang tak tertampung di Masjid Istiqlal dan sejumlah Masjid lainnya itu melaksanakan shalat Jumat di jalan-jalan protokol tersebut dengan menggelar sajadah.

shalat-jumat-saat-aksi-411-2
Shalat Jumat di kawasan Thamrin hingga Bundaran Bank Indonesia Jalan Budi Kemuliaan saat Aksi 411 karena Masjid Istiqlal dan sejumlah masjid di sekitarnya tak mampu menampung jamaah yang lebih dari 2 juta orang. (Foto: JITU-INA)

Dari Pantauan INA, ribuan Muslimah yang tak melaksanakan shalat Jumat menunggu di dekat gerbang Monas.

Usai shalat Jumat, jamaah dengan tertib merapikan alas mereka dan bersiap menanti rombongan lain yang masih berada di Masjid Istiqlal dan Masjid lainnya. (mr/ JITU Islamic News Agency)

Baca Juga