Jaga Spirit 212, Umat Islam Ikuti Shalat Subuh Berjamaah di 212 Titik Seluruh Indonesia

Ribuan Umat Islam Kota Serang, Banten, mengikuti Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Agung At-Tsauroh, Senin (12/12). (Foto: INA)

BANDUNG (SALAM-ONLINE): Untuk menjaga spirit Aksi 212, umat Islam mengikuti Shalat Subuh Berjamaah di 212 titik di seluruh Indonesia. Demikian laporan yang diterima Media Center Gerakan Nasional Pengawal Fatwa-MUI (GNPF-MUI).

“Kegiatan ini digelar serentak di berbagai daerah. Data yang kami terima hingga saat ini ada sekitar 212 lebih titik di seluruh Indonesia,” kata Wakil Ketua Media Center GNPF-MUI, Erick Yusuf, kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Umum GNPF-MUI, Ustadz Bachtiar Nasir (UBN) menjelaskan, tujuan dari gerakan Shalat Subuh Berjamaah adalah untuk menjaga spirit 212.

“Semangat 212 ini tidak hanya sebatas artificial, unjuk rasa, banyak-banyakan orang. Substansi sosial Islam itu diukur dari Jamaah Subuh. Di dalam Islam kalau Anda mau lihat siapa orang terbaik di kalangan Muslim ini, lihatlah Jamaah Subuhnya,” katanya dalam Konferensi Pers, Senin (12/12/2016).

UBN menargetkan 1000 titik di masjid-masjid besar di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam Gerakan Aksi Shalat Subuh Berjamaah selanjutnya.

“Kalau hari ini kita belum sampai 500 titik, yang kedua targetnya saya berharap minimal di 1000 titik di masjid-masjid besar seluruh Indonesia,” tukasnya.

Baca Juga

Di Bandung, lebih dari 25.000 umat Islam Jawa Barat mengikuti Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung, Jalan Diponegoro No. 63 Kota Bandung, Senin (12/12/2016).

Dalam pantauan Islamic News Agency (INA), jamaah mulai berdatangan sejak Magrib, Ahad (11/12/2016).

Gerakan Shalat Subuh Berjamaah yang digagas oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa-MUI (GNPF-MUI) itu diawali dengan Shalat Tahajud Berjamaah pada pukul 02.00 dini hari. Hingga menjelang shalat subuh, jamaah terus berdatangan memenuhi masjid dan area sekitarnya.

Selain UBN, hadir dalam kegiatan tersebut Sekjen GNPF-MUI Ustadz Zaitun Rasmin, Ketua DPP FPI Ustadz Sobri Lubis, Gubernur Jabar Ahmad Heriawan, Wagub Deddy Mizwar, Wakil Wali Kota Bandung Oded Muhammad, perwakilan MUI Pusat Ustadz Fahmi Salim, Ketua Umum ANNAS Ustadz Athian Ali M Dai, dan lainnya.

Reporter: Ally Muhammad Abduh/INA

Baca Juga