Jumlah Korban Gempa Aceh Bertambah Jadi 102 Orang meninggal

Tim SAR tengah mengevakuasi jenazah, korban yang tertimpa reruntuhan bangunan dalam gempa bumi di Pidie, Aceh, Rabu (7/12) pagi

SALAM-ONLINE: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan jumlah korban meninggal dalam gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya bertambah menjadi 102 orang. Selain itu lebih dari 700 orang luka berat dan ringan.

BNPB mengatakan korban meninggal itu tersebar di tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya, Pidie dan Bireun. Getaran gempa juga merusak ratusan bangunan ruko dan rumah, sehingga menyebabkan 3.276 orang mengungsi.

Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan prioritas utama adalah penyelamatan korban.

“Penanganan darurat ini fokus pencarian penyelamatan korban, penanganan program, pemenuhuan kebutuhan dasar bagi para pengungsi dan pemulihan segera sarana dan prasarana vital lainnya,” kata Sutopo dalam keterangan pers Kamis (8/12) siang.

Upaya evakuasi masih terus dilakukan untuk mencari korban yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

Baca Juga

BNPB juga menyebutkan bantuan telah didistribusikan ke wilayah yang terdampak gempa, antara lain alat berat untuk kebutuhan evakuasi, makanan dan obat-obatan.

Masa tanggap darurat akan diberlakukan di tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya, Pidie dan Bireun selama 14 hari sampai dengan 20 Desember.

Ratusan petugas gabungan dari TNI, Polisi dan Basarnas terus melakukan upaya pencarian korban.

Sumber: BBCIndonesia

Baca Juga