Survei LSI Pilkada DKI Putaran 2: Anies Kalahkan Ahok

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Lingkaran Survei Indonesia (LSI) kembali merilis hasil survei mengenai elektabilitas dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang akan bertarung dalam putaran dua Pilkada DKI Jakarta, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Survei dengan tema ‘Kemana Larinya Suara dari Pendukung Agus’ ini dilakukan sejak tanggal 27 Februari sampai 3 Maret 2017. Hasilnya, pasangan Anies-Sandi berhasil mengungguli pasangan Ahok-Djarot sebagai gubernur petahana.

“Anies-Sandi peroleh dukungan tertinggi dengan perolehan suara sebesar 49,7 persen, sementara Ahok-Djarot hanya peroleh dukungan sebesar 40,5 persen,” kata Peneliti Senior LSI, Adjie Alfaraby, di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (7/3/2017).

Adjie mengatakan, pendukung Agus-Sylvi sebagian besar mengalihkan dukungannya ke Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dengan rincian, sebesar 63,3 persen suara pendukung Agus-Sylvi dialihkan ke Anies dan Sandi, sementara Ahok-Djarot hanya mendapatkan dukungan dari pendukung Agus-Sylvi sebesar 12,3 persen.

Baca Juga

“Tapi masih ada 24,4 persen dari pendukung Agus-Sylvi yang masih belum memutuskan atau merahasiakan pilihannya,” ujarnya.

Dalam survei ini, LSI mengambil sampel dari 440 responden. Survei tersebut dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini sekitar 4,8 persen. Survei ini juga dibiayai dengan dana sendiri dan dilengkapi dengan kualitatif riset.

Sumber: Viva.co.id

Baca Juga