Aliansi Merah Putih Peduli Suriah Desak Dunia Hentikan Serangan Rezim Asad terhadap Warga Sipil

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Suriah kembali berduka. Serangan gas beracun kembali ditumpahkan rezim Basyar Asad kepada rakyat Suriah dan menimpa warga sipil di Khan Sheikhoun, Idlib. Ratusan orang meregang nyawa dan lima ratusan lainnya terluka, terbanyak anak-anak, akibat serangan biadab ini.

Serangan gas Klorin/Sarin yang dijatuhkan oleh pesawat-pesawat tempur milik rezim Asad dukungan Rusia dan Iran ini sebagai serangan terburuk di Idlib dalam perang Suriah yang sudah berlangsung lebih enam tahun itu.

Menurut Kepala Direktorat Kesehatan Idlib, Munzir Khalil, hampir semua instalasi kesehatan diserang. Bahkan rumah sakit pusat yang telah mengobati 30.000 warga Suriah setiap bulan juga dihancurkan oleh rezim.

“Mencermati kondisi di atas, Aliansi Merah Putih Peduli Suriah menyatakan sikapnya,” kata Koordinator Aliansi, Nurdin Hamdani, dalam rilis yang diterima redaksi, Kamis (6/4).

Pertama, mengutuk serangan gas beracun rezim Suriah yang telah membunuh warga sipil tak bersalah di Idlib.

Kedua, mendesak agar dunia bersikap dan berupaya menghentikan serangan rezim terhadap warga.

“Ketiga, mendesak Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan pernyataan sikap mengutuk tragedi dan pelanggaran HAM berat di Suriah tersebut,” ujar Nurdin.

Baca Juga

“Keempat, mendesak pemerintah Republik Indonesia untuk memfasilitasi penyaluran bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia untuk rakyat Suriah yang menjadi korban kekerasan rezim Basyar Asad,” lanjut pernyataan itu.

Kelima, menyerukan kepada masyarakat Indonesia agar berdoa dan mengulurkan bantuan kemanusiaan untuk meringankan penderitaan rakyat Suriah.

Keenam, meminta PBB untuk segera melakukan tindakan nyata menghentikan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan rezim Basyar Asad dan negara-negara lain yang terlibat dalam pembantaian rakyat sipil di Suriah.

Ketujuh, menuntut PBB segera memberikan sanksi kepada rezim Basyar Asad dan negara-negara yang terlibat dalam pembantaian rakyat sipil Suriah sekalipun negara-negara tersebut anggota Dewan Keamanan PBB.

Aliansi Merah Putih Peduli Suriah terdiri dari Spirit of Aqsa (SoA), Majelis Az-Zikra, Sinergi Foundation, Sapa Islam, Road4Peace, Auction4Humanity, Charity4Syria, Human Right Care for Palestine, Islampos Aid, Mahasiswa Pecinta Islam, Syam Organizer, KAMMI, Sahabat Al Aqsha, Sahabat Suriah, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), World Human Care, Hilal Ahmar Society Indonesia.

Media Relation: Pizaro (081519746689). (s)

Baca Juga