Mantan Presiden Iran Ahmadinejad Daftarkan diri pada Pilpres Mendatang

Ahmadinejad saat mendaftar sebagai capres pada pilpres mendatang. (IRNA)

TEHERAN (SALAM-ONLINE): Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan diselenggarakan pada 19 Mei mendatang, lansir Kantor Berita Republik Iran, IRNA, Rabu (12/4).

Kepala Dewan Pusat Partai Koalisi Mustafa Mirsalim juga tercatat mencalonkan diri dalam Pemilu di negara Syiah tersebut.

Di hari pertama pendaftaran untuk pemilihan Presiden itu, Kementerian Dalam Negeri Republik Iran tercatat telah mengantongi setidaknya 126 nama.

Di antara calon presiden tersebut ada enam perempuan. Sisanya berjumalah 120 orang adalah laki-laki. Kandidat tertua berusia 76 tahun, yang termuda berumur 18 tahun.

Baca Juga

Para kandidat memiliki waktu lima hari untuk mendaftar dalam pemilihan Presiden. Daftar akhir calon yang memenuhi syarat untuk mencalonkan akan diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri pada 26-27 April mendatang.

Untuk kampanye resmi Pemilu sendiri akan dimulai pada 28 April dan berakhir pada 17 Mei.

Sementara itu, petahana Presiden Hasan Rouhani dan Ibrahim Raeisi yang dianggap sebagai representasi Imām Alī bin Mūsā ar-Riđhā, imam ke-8 dalam tradisi Syi’ah Dua Belas Imam, juga digadang-gadang untuk ikut dalam pencalonan. Dalam Bahasa Persia, Raeisi, sering dipanggil sebagai Imam Reza dan dijuluki dengan panggilan Abu al-Hasan. (MNM/salam-online)

Sumber: IRNA

Baca Juga