Ahli IT ITB Ditikam dan Dikeroyok, Ratna: Situasi Bangsa Sudah Mencapai Tahap Kegilaan


Ratna Sarumpaet

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Hermansyah, Ahli IT ITB yang menjadi narasumber di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) dalam episode ‘Membidik Habib Rizieq’, ditikam, dikeroyok dan dianiaya sekelompok orang tak dikenal di ruas Tol Jagorawi, Ahad (9/7) dini hari.

Hermansyah yang kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Hermina, Depok, Jawa Barat, mengalami luka serius pada beberapa bagian tubuh. Leher kiri, siku kiri dan di atas kuping kiri mengalami luka parah. Sementara pergelangan tangan kiri, ada kemungkinan retak.

Merespons kejadian tersebut, aktivis politik dan HAM Ratna Sarumpaet mengungkapkan kegusarannya. Menurut Ratna, situasi pada bangsa secara keseluruhan sudah mencapai tahap kegilaan.

“Buat saya ini menjadi pertanyaan besar, siapa sih yang memimpin negeri ini,” ujar Ratna kepada Salam-Online, Senin (8/7) pagi.

Ia menilai, era sekarang ini semua warga serba diberikan rasa ketakutan terhadap siapa saja yang ingin menegakkan keadilan.

“Kita sebagai warga negara merasa terancam, mau bicara kebenaran susah. Hermansyah (korban) telah membela kebenaran, akan tetapi ditikam orang yang tidak berperikemanusiaan. Ini sangat meresahkan,” sesalnya.

Ratna menegaskan bahwa persoalan di atas ada pada presiden. “Ini persoalan presiden, itu masalah. Mengapa diam saja ada kejadiaan seperti ini,” tanya Ratna dengan nada kesal.

Hermansyah yang semula menjalani operasi dan perawatan di RS Hermina, Depok, Jabar, pada Ahad (9/7) malam dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Pemindahan ini dilakukan dengan alasan keamanan. (EZ/Salam-Online)