Dana Haji Mau Dipakai Pemerintah, Fahri Hamzah: Tak Ada Kaitannya dengan Jamaah, Kita Tentang

Fahri Hamzah

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah merespons keras pernyataan Presiden Joko Widodo yang ingin menggunakan Dana Haji untuk investasi di sektor infrastuktur.

“Penyelenggaraan haji kita belum sempurna. Masih banyak keluhan. Terutama tentang insfrastruktur persiapan haji. Saya menyaksikan sendiri sebagai pengawas haji jamaah haji kita, ada banyak yang mengeluh,” ungkap Fahri kepada Salam-Online saat ditemui di kantor MUI Pusat, Jum’at (28/7).

Ia mewanti-wanti pemerintah agar benar-benar memperhatikan hak jamaah haji sehingga bisa terpenuhi dengan baik.

Baca Juga

“Setelah hak jamaah terpenuhi, mau bangun apa silakan. Tapi jangan kemudian hak-hak jamaah tidak dipenuhi, uang mau dipakai yang tidak ada kaitannya dengan jamaah. Itu pasti kita tentang,” tegas Fahri.

Ketua Tim Pengawas Penyelenggaraan Ibadah Haji (Timwas Haji) DPR ini bersyukur uang haji yang selama ini terpencar-pencar dan tak jelas pengelolaannya, akan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Sekarang uangnya sekitar 80 hingga 90 triliun. Untuk apa dipakai? Jangan mentang-mentang ini uang ngumpul, (lalu) ini uang kita pakai untuk keperluan negara,” ucapnya mengingatkan. (EZ/Salam-Online)

Baca Juga