MUI Siap Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Taiwan


LPPOM-MUI menyatakan siap bekerjasama dengan Taiwan terkait produk jaminan Halal saat menerima kunjungan perwakilan parlemen Taiwan di Kantor MUI Pusat, Jl Proklamasi, Jakarta, Selasa (8/8/2017). (Foto: MNM/Salam-Online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) menyatakan bersedia bekerjasama terkait penjaminan produk halal di Taiwan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur LPPOM Muti Arintawati saat menerima perwakilan parlemen Taiwan di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017).

Perwakilan Parlemen Taiwan mengunjungi MUI sehubungan dengan rencana pemerintah Taiwan yang saat ini mulai tertarik dengan program makanan halal. Dengan itu, pihak Taiwan yang saat ini banyak memiliki komunitas Muslim, merasa perlu untuk bekerjasama dengan Indonesia, khususnya MUI.

“Intinya kita terbuka untuk bekerjasama ya termasuk dengan Taiwan,” ujar Muti.

Sejauh ini, MUI sendiri telah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan Taiwan yang ingin mendapatkan jaminan produk halal.

Sementara terkait opersionalnya di Taiwan sendiri, MUI telah bekerjasama dengan salah satu lembaga di sana, untuk membantu perusahaan Taiwan mendapatkan sertifikat halal MUI.

“Kalau ada perusahaan-perusahaan Taiwan yang ingin mendapatkan sertifikat halal MUI, mereka dengan mudahlah dalam segi bahasa membantu,” kata Muti.

Gaya hidup halal menjadi salah satu daya tarik dunia di beberapa decade terakhir. Saat ini telah banyak negara minoritas Muslim yang mengeluarkan produk-produk yang terjamin kehalalannya.

Selain untuk daya tarik wisatawan Muslim, hal itu juga dilakukan mengingat populasi umat Islam dunia yang mulai meningkat. (MNM/Salam-Online)