Di Aksi 169, PKS dan Puluhan Ormas Kumpulkan Dana Miliaran Rupiah untuk Muslim Rohingya

PKS menyerahkan donasi untuk Muslim Rohingya yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan dan sosial Indonesia. (Foto: MNM/Salam-Online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama lebih dari 30 Organisasi Masyarakat menggelar Aksi 169 ‘Bela Rohingya’ dan pengumpulan dana kemanusiaan di Bundaran Patung Kuda dan kawasan Monas, pada Sabtu (16/9/2017) lalu.

Dalam Aksi tersebut terkumpul dana sebesar Rp 1,2 Miliar yang kemudian disalurkan kepada lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM).

Sementara itu Direktur Crisis Center for Rohingya (CC4R) yang diinisiasi PKS, Dr Sukamta, mengungkapkan di luar dana hasil Aksi Bela Rohingya 169, CC4R PKS sudah menyalurkan bantuan senilai Rp 3,8 miliar untuk Muslim Rohingya.

“Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang hadir dalam aksi Bela Rohingya dan menitipkan amanah bantuan untuk saudara kita Rohingya yang dipaksa meninggalkan tanah tempat tinggalnya,” ujar Sekretaris Jenderal DPP PKS, Mustafa Kamal di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (25/9).

Adapun lembaga kemanusiaan yang diamanahi untuk menyalurkan dana hasil dari Aksi 169 tersebut adalah Dompet Dhuafa, PKPU dan LAZIS Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia. Ketiganya adalah anggota AKIM.

“Kita titipkan kepada lembaga donor yang tergabung dalam AKIM karena sudah lama melakukan aktivitas kemanusiaan di Rakhine State,” ungkap Mustafa.

Baca Juga

Direktur CC4R PKS Sukamta menambahkan, dana yang diberikan kepada Muslim Rohingya adalah termasuk upaya bantuan dari masyarakat Indonesia secara komprehensif

Anggota Komisi I DPR RI ini menjelaskan, selain bantuan dana, aksi-aksi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia dalam memprotes Pemerinah Myanmar, bisa menjadi tekanan politik kepada dunia internasional dan juga Pemerintah Myanmar sendiri.

“Dan aksi-aksi yang dilakukan bisa menjadi tekanan politik bagi dunia internasional dan Pemerintah Mynamar,” kata Sukamta.

Dia juga menjelaskan CC4R PKS di seluruh Indonesia sudah bergerak dengan melakukan aksi dan mengumpulkan bantuan kemanusiaan. Menurutnya, di luar dana hasil Aksi Bela Rohingya169, CC4R PKS sudah menyalurkan bantuan senilai Rp 3,8 miliar.

Konferensi pers penyerahan dana donasi dari Aksi 169 ‘Bela Rohingya’ di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (25/9/2017). (Foto: MNM/Salam-Online)

“CC4R PKS di daerah bekerjasama dengan lembaga donor di daerahnya masing-masing untuk menitipkan amanah bantuan ke masyarakat Rohingya,” sebut Sukamta. (MNM/Salam-Online)

Baca Juga