Peduli Rohingya, Anak Indonesia Berikan ‘Cap Tangan Cinta’ Sepanjang Satu Kilometer

Anak-anak dari ribuan sekolah di Indonesia memberikan ‘Cap Tangan Cinta’ untuk Muslim Rohingya sebagai tanda peduli. (Foto: MNM/Salam-Online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Forum Lintas Komunitas Pendongeng Indonesia (FLKPI), Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Dompet Dhuafa (DD) dan masyarakat umum membentangkan spanduk sepanjang satu kilometer di Jalan MH Thamin, dari Sarinah-Bundaran HI, Jakarta, Ahad (24/9).

Spanduk tersebut berisi jutaan ‘cap telapak tangan cinta’ dari anak-anak Indonesia di ribuan sekolah yang ada di Indonesia sebagai bentuk kepedulian terhadap tragedi kemanusiaan Rohingya di Myanmar.

“Jadi ini sebuah aksi serentak, aksi simbolik tentang rasa cinta kepada sesama anak Indonesia yang memberikan empati kepada tragedi kemanusiaan Rohingya,” ungkap Direktur Mobilisasi Zakat Infak Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa, Bambang Suherman.

Baca Juga

Aksi ‘cap tangan’ itu juga, menurut Bambang, sebagai bentuk pendidikan bagi anak-anak Indonesia terkait isu kemanusiaan Rohingya agar mendapatkan informasi yang benar dan  selalu memelihara rasa cinta.

Hal itu dilakukan, ujarnya, mengingat informasi terkait isu kemanusiaan Rohingya di media sosial begitu masif dan bisa diakses dengan bebas oleh anak-anak, sehingga dengan aksi ini diharapkan anak-anak bisa menjalin komunikasi dengan guru dan orang tua dan bisa bersikap proporsional.

Selain itu, aksi ini juga diharapkan bisa menjaga rasa cinta di kalangan anak-anak. “Menjaga rasa cinta anak-anak terhadap sesama anak-anak, sekaligus memberitahukan kepada mereka bahwa ada saudara-saudara mereka yang hari ini yang mengalami tragedi di sana,” terang Bambang. (MNM/Salam-Online)

Baca Juga