Selain LPI, KOKAM Muhammadiyah Siap Kawal Tabligh Akbar dan Reuni Pra-212 di Masjid Agung Garut


KOKAM Muhammadiyah

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Selain Laskar Pembela Islam (LPI) yang akan mengamankan acara Tabligh Akbar di Masjid Agung Garut yang rencananya akan mengundang Ketua GNPF Ulama Ustadz Bachtiar Nasir dan Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) KH Shobri Lubis pada Sabtu (11/11/2017) mendatang, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Garut pun menyatakan siap untuk ikut mengawal acara tersebut.

Menururt Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Garut, Jawa Barat, Dian Noviar Nugraha dan Panglima KOKAM Daerah Garut, kehadiran pihaknya pada Tabligh Akbar dan Reuni Pra 212 itu adalah sebagai undangan yang mendengarkan ceramah Ustadz Bachtiar  sekaligus mengawal acara yang sempat ditolak oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Garut tersebut.

“Kokam Pemuda Muhammadiyah Garut akan hadir dalam rangka sebagai undangan dan mendengarkan taushiyah serta menerjunkan pasukan Kokam Garut untuk pengamanan agenda tabligh akbar,” ujar Dian dalam keterangannya, Selasa (7/11/2017).

Dian juga meminta PCNU yang menolak kehadiran Ustadz Bachtiar dan KH Shobri Lubis di Garut untuk menjalin komunikasi dengan Aliansi Umat Islam sebagai penyelenggara acara.

“Tabayun dan membuka Ruang Komunikasi adalah sebuah kunci untuk menjaga kondusivitas Kabupaten Garut tercinta ini,” ungkap Dian.

Dian juga beranggapan peran dari pihak kemanan seperti Polri dan TNI sangat diharapkan untuk menjaga situasi yang kondusif.

“Adapun peran aparat TNI dan Polri di sini sangat diperlukan apalagi Alhamdulillah dari Pihak MUI Garut sudah turun tangan untuk menengahi perbedaan pandangan ini,” kata dia.

“Jadi jangan sampai ada saling unjuk kekuatan sesama umat Islam. Itu tidak elok dipandang karena akan berpengaruh pada dilematisnya publik dalam hal saling bersosial di lingkungan masyarakat. Hari ini dituntut kedewasaan dari masing-masing pihak,” harapnya. (MNM/Salam-Online)