Siapkan Calon Pemimpin Bangsa, KAMMI Al Fattih Denpasar Gelar Dauroh Marhalah 1

DENPASAR (SALAM-ONLINE): Organisasi Kemahasiswaan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Al Fattih telah menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan (Dauroh Marhalah) 1 selama dua hari, Sabtu-Ahad (27-28/1/18) bertempat di Gedung  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jalan Letda Tantular No 14 Renon, Denpasar.

Mengusung tema ‘Membentuk Pemimpin Muda Berkarakter Muslim Negarawan’, kegiatan Dauroh Marhalah 1 KAMMI Komisariat Al Fattih ini ingin menyiapkan calon pemimpin bangsa di masa depan yang beradab dan berakhlak. Tentunya kegiatan Dauroh Marhalah 1 ini tak lepas dari dukungan KAMMI Wilayah Bali.Tercatat 40 peserta pelatihan kepemimpinan yang mengikuti kegiatan ini berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Bali. Di antaranya dari Akademi Keperawatan Denpasar, STIKOM Denpasar, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar, Alfa Prima, dan Universitas Udayana. Uniknya dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 ini lima peserta yang mendaftar pertama mendapatkan Kitab Suci Al-Qur’an secara cuma-cuma.

Pemateri dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 merupakan tim instruktur internal dari organisasi KAMMI yang mendapatkan amanah jabatan inti di KAMMI Daerah dan Komisariatnya masing-masing.Materi yang disampaikan dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 merupakan materi dasar dan pengenalan mengenai organisasi KAMMI. Selain mendapatkan materi, para peserta dauroh marhalah 1 diajak untuk membuat small group discussion untuk membahas tema-tema kekinian di sekitar lingkungan masyarakat.

Materi yang disampaikan oleh pembicara seperti Syahadatain, Syummuliyatul Islam, Problemantika Umat Kontemporer dan Ke-KAMMI-an. Para peserta diberikan pula penugasan unuk menghapal surat-surat dalam Al-Qur’an seperti Surat Ash-Shaff untuk penilaian kelulusan mereka sebagai peserta.Dalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat, begitu yang diterapkan dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 KAMMI Komisariat Al Fattih. Saat kegiatan Riyadoh (Olahraga), peserta diajak untuk berlatih olahraga memanah. Olahraga memanah merupakan olahraga yang disunahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam untuk dipelajari, selain berkuda dan berenang.

Baca Juga

Menurut Ketua KAMMI Komisariat Al Fattih, Latifah, SE, tujuan kegiatan Dauroh Marhalah 1 selain mencetak seorang Muslim negarawan, juga untuk menciptakan generasi emas Indonesia 2045.“KAMMI sebagai organisasi kepemudaan ingin menumbuhkan bibit-bibit calon Muslim negarawan yang dapat menjadi penerus bangsa Indonesia di masa depan. Saya beserta kawan-kawan KAMMI yakin di Tahun 2045 Negara Indonesia akan memiliki pemuda-pemuda yang berkarakter dan perkepribadian sehingga slogan KAMMI ‘Jayakan Indonesia 2045’ dapat terwujud,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KAMMI Denpasar, Yuda Adistira, S.Kom mengatakan bahwa Dauroh Marhalah 1 merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh KAMMI Tingkat Komisariat. Setiap semester, kegiatan Dauroh Marhalah dikemas dengan kegiatan yang berbeda.

“Jika sebelumnya Dauroh Marhalah 1 dikemas dengan kegiatan camping, kali ini Dauroh Marhalah 1 ditambahkan unsur olahraga memanah yang sedang naik daun di kalangan pemuda Muslim,” paparnya. (Herdian Armandhani)

Foto-foto: Herdian Armandhani

Baca Juga