PYD/PKK Lepaskan 400 Tahanan ISIS dari Penjara untuk Perangi Turki di Suriah

ANKARA (SALAM-ONLINE): Juru bicara partai Keadilan dan Pembangunan (AK), partai yang memerintah, mengonfirmasi pada Jumat (9/2/18) bahwa 400 tahanan ISIS telah dibebaskan oleh PYD/PKK di Suriah utara untuk memerangi Turki.

“400 tahanan Daesh (ISIS) di Raqqa, Afrin dan Deir ez-Zour (oleh PYD/PKK) dibebaskan dengan syarat mereka akan berperang melawan Turki,” kata juru bicara AK Party (AKP) Mahir Unal pada sebuah konferensi pers setelah Rapat Pusat dan Dewan Eksekutif AKP.

Menurut jubir AKP itu, seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Jumat (9/2), Menteri Pertahanan Nasional Nurettin Canikli memberikan pengarahan tentang Operasi Olive Branch yang diluncurkan di Afrin, Suriah, sejak 20 Januari 2018 lalu.

“Kami telah mengungkapkan bagaimana hubungan PYD/PKK dengan Daesh/ISIS di Raqqa terbongkar. Telah dikonfirmasi bahwa, terutama di Raqqa, Afrin dan Deir ez-Zour, 400 gerilyawan Daesh/ISIS dilepaskan dari penjara oleh PYD/PKK dengan syarat melawan Turki,” katanya.

Baca Juga

Dia mengatakan aksi PYD/PKK tersebut membantah klaim bahwa AS bertempur melawan ISIS di lapangan.

Pernyataan Unal muncul setelah Vassily Nebenzia, perwakilan permanen Rusia untuk PBB, mengatakan dalam sebuah pertemuan Dewan Keamanan bahwa kelompok teror PYD/PKK di Suriah utara memaafkan 400 anggota Daesh pada awal Januari 2018 lalu. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga