Cerita Gaza Adalah Kisah Kelalaian

Ekonomi Gaza telah runtuh, tetapi penduduknya tidak dapat berbuat apa-apa.GAZA (SALAM-ONLINDE): Kondisi kemanusiaan, sosioekonomi, politik dan keamanan di Gaza semakin memburuk. Sebagian besar dari dua juta penduduknya terperangkap dalam lingkaran kekerasan, kemiskinan dan kerentanan luas yang diciptakan oleh kebijakan dan keputusan politik.

Mematahkan lingkaran setan ini adalah kewajiban hak asasi manusia (HAM) dan tanggung jawab global.

Sebagai akibat dari blokade yang sedang berlangsung, tiga operasi militer yang menghancurkan dan perpecahan di dalam Palestina, lintasan pembangunan Gaza telah terhenti secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menyebabkan ekonomi pesisir yang telah terkepung runtuh dan membawa lebih banyak lagi kerentanan dan penderitaan manusia.

Banyak sekali masalah dan komplikasi yang saat ini mempengaruhi Gaza luar biasa dan membingungkan, bahkan bagi orang-orang yang paling mahir dalam menangani negara-negara ditimpa krisis. Hari ini, wanita, pria, anak-anak dan orang tua dari Gaza semuanya dipaksa untuk bertahan hidup dengan suplai air yang 95 persen terkontaminasi. Mereka juga dipaksa hidup tanpa listrik selama 20 jam sehari. Dan dunia, yang nampaknya terbiasa dengan penderitaan orang-orang yang terpinggirkan, menutup mata.

Penduduk Gaza hidup dalam jaringan luas yang saling mendukung. Pertumbuhan ekonomi Gaza turun dari delapan persen pada 2016 menjadi hanya 0,5 persen pada 2017, dengan hampir setengah dari angkatan kerja menganggur. Ini peringkat Gaza, jika diekstrapolasi sebagai negara, seperti mengalami penurunan terbesar kedua produk domestik bruto (PDB) pada 2017 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di seluruh dunia, kedua setelah Venezuela.

Sektor pertanian, manufaktur, perdagangan dan konstruksi Gaza menyusut ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat ini ekonomi Gaza jauh lebih bergantung pada belanja konsumen dan bantuan keuangan internasional daripada sebelumnya.

Pemadaman likuiditas dan peningkatan pengeluaran kredit dan utang juga menambah nuansa ekonomi Gaza. Ini adalah model ekonomi sangat cacat yang tidak diciptakan oleh orang Palestina di Gaza sendiri, tetapi ditegakkan oleh blokade penjajah Zionis.

Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) di Negara Bagian Palestina baru-baru ini melakukan survei persepsi publik tingkat rumah tangga di Gaza. Sebanyak 92 persen respondens menyatakan bahwa mereka memiliki kecemasan pribadi terkait dengan kondisi ekonomi secara keseluruhan. Sebanyak 87 persen mengatakan kerusuhan politik dan sipil yang sedang berlangsung mungkin disebabkan oleh iklim ekonomi yang buruk.

Kerapuhan ekonomi rumah tangga Gaza diilustrasikan dalam tingkat pengangguran yang meningkat. Peningkatan tajam dalam tingkat kemiskinan—dari 39 persen pada 2011 menjadi 53 persen pada 2017—juga peningkatan signifikan dalam kemiskinan yang mendalam.

“Pekerjaan penuh waktu jarang di Gaza. Hanya seperlima respondens survei kami mengatakan mereka memegang pekerjaan penuh waktu. Beberapa lagi mengatakan mereka bekerja paruh waktu. Hampir 40 persen respondens yang saat ini menganggur mengatakan bahwa pengangguran mereka telah berlangsung selama lebih dari lima tahun,” demikian seperti dikutip Aljazeera, Ahad (17/6/2018).

Hanya 11 persen dari wanita yang disurvei dan 58 persen pria yang dipekerjakan. Selanjutnya sebanyak 18 persen respondens berusia 18-24 yang dipekerjakan. Dengan kata lain, hampir setiap detik orang di Gaza menganggur. Kebanyakan wanita dan orang muda adalah penganggur.

Bisnis di Gaza mengurangi produksi akibat menurunnya permintaan konsumen. Sanksi keuangan, pembatasan akses terhadap barang dan material, serta kurangnya kebebasan bergerak, berlaku. Pengurangan tajam dalam pendanaan UNRWA adalah faktor utama untuk skenario yang suram ini. Bisnis berusaha mempertahankan staf dalam daftar gaji, meskipun dengan upah yang lebih rendah dan jam kerja yang lebih sedikit.

Baca Juga

Karena blokade, memfasilitasi pertumbuhan ekonomi melalui belanja konsumen tidak mungkin di Gaza. Juga, dalam situasi mereka saat ini, penduduk Gaza tidak dapat mengatasi kebutuhan sosioekonomi mereka sendiri.

Penjajah “Israel”, Otoritas Palestina dan komunitas internasional harus memikul tanggung jawab untuk membangun kembali basis produksi Gaza dan mengembangkan kemampuan perdagangannya.

Sementara bantuan kemanusiaan tetap merupakan kebutuhan vital. Dan pemikiran jangka panjang diperlukan untuk membuat kemajuan nyata.

Komunitas internasional dan pemerintah Palestina perlu mengambil tindakan konstruktif dalam rangka mengakhiri blokade Gaza, sambil mempersiapkan orang-orang dan ekonomi Gaza untuk pemulihan pasca blokade.

Hal ini memerlukan fokus pada potensi masa depan Gaza daripada mengutuk serangan ke keadaan krisis kemanusiaan permanen melalui kebijakan-kebijakan yang berpandangan pendek. Mempertimbangkan meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan, sangat penting untuk memfasilitasi investasi dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.

UNDP telah bekerja di wilayah Palestina yang diduduki selama empat dekade.

“Kami telah melakukan intervensi tak terhitung jumlahnya yang memiliki efek positif pada kondisi hidup orang-orang Palestina. Banyak organisasi nasional dan internasional lainnya juga bekerja tanpa lelah untuk membantu rakyat Palestina. Bersama-sama kami mencoba untuk mempromosikan pembangunan manusia yang berkelanjutan, melindungi hak asasi manusia dan membantu warga Palestina hidup bermartabat,” demikian UNDP.

Namun pendudukan, blokade dan divisi intra-Palestina terus menghentikan lintasan pembangunan Palestina.

Pandangan yang diungkapkan dalam artikel ini adalah milik penulis dan tidak selalu mencerminkan posisi editorial Aljazeera(S)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga