Di Idul Fitri, Hamas Ucapkan Terima Kasih Ke Turki dan Qatar

Kepala Biro Hamas Ismail Hniyya (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan).

GAZA (SALAM-ONLINE): Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyya mengapresiasi upaya Turki untuk mendukung perjuangan Palestina di Dewan Keamanan PBB dan KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Hal itu disampaikan Ismail Haniyya saat menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani pada Idul Fitri, Jumat (15/6/2018) malam.

Turki dan Aljazair telah mengusulkan rancangan resolusi kepada PBB untuk memberikan perlindungan internasional kepada warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya, Haniyya menegaskan bahwa aksi Great March of Return akan terus berlanjut sampai tujuan tercapai, terutama menghancurkan pengepungan penjajahan Zionis.

Pemimpin Hamas itu menyatakan rasa terima kasihnya atas keputusan Erdoğan Terkait bantuannya terhadap sejumlah orang Palestina yang terluka dalam aksi Great March of Return. Sejumlah warga Palestina dirawat di rumah sakit Turki.

Baca Juga

Sementara itu, Presiden Erdoğan memberi ucapan selamat Idul Fitri kepada rakyat Palestina secara umum dan khususnya rakyat di Jalur Gaza, seraya menegaskan bahwa Turki melakukan segala upaya untuk mendukung perjuangan mereka.

Erdogan juga mengatakan bahwa Turki akan mengerahkan upaya di semua forum internasional untuk menarik perhatian dunia dalam masalah Palestina dan mengakhiri ketidakadilan yang dihadapi bangsa yang tengah dijajah tersebut.

Dalam pembicaraan telepon dengan Tamim bin Hamad al-Thani, Haniyya memuji Qatar karena dukungan politik dan kemanusiaan yang tak henti-hentinya dari negara itu bagi rakyat Palestina.

Kedua pemimpin itu juga membahas perkembangan terakhir terkait dengan aksi Great March of Return, termasuk resolusi Majelis Umum PBB baru-baru ini. (MNM/Salam-Online)

Sumber: https://english.palinfo.com/news/2018/6/16/Haneyya-praises-Turkey-Qatar-s-support-for-Palestinian-cause

Baca Juga