Erdogan Deklarasikan Kemenangannya dalam Pemilu Turki

Presiden yang juga pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) Recep Tayyip Erdogan menggelar konferensi pers di Istanbul, menyusul hasil tidak resmi dari pemilihan presiden dan parlemen Turki pada 24 Ahad Juni 2018. (Foto: Kayhan Özer/Anadolu Agency )

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan kemenangannya dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki yang digelar pada Ahad (24/6/2018).

“Bangsa kami memberi saya tugas sebagai presiden dan kekuasaan eksekutif,” kata Erdogan kepada wartawan di Istanbul Ahad (24/6) malam seperti dikutip kantor berita Turki, Anadolu.

Info Grafik Pemilu Presiden Turki 2018

Namun Erdogan sendiri masih mengutip hasil tidak resmi atau sementara. Dia juga menyatakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang saat ini memerintah dan Aliansi Rakyat—koalisi antara AKP dengan Partai Gerakan Nasionalis (MHP)—juga memperoleh suara mayoritas untuk parlemen.

Erdogan menggarisbawahi bahwa keamanan suara dan kebebasan untuk memilih adalah ekspresi dari kekuatan demokrasi Turki.

“Turki memberikan pelajaran dalam demokrasi kepada dunia dengan hampir 90 persen pemilih,” tutur Erdogan.

Baca Juga

Pemimpin Turki tersebut menyerukan kepada segenap rakyatnya agar meninggalkan semua argumen kampanye pemilu, ketegangan dan kebencian, untuk fokus kepada masa depan negara.

Info Grafik Pemilihan Parlemen 2018

Menurut hasil tidak resmi, dengan 96,31 persen suara yang dihitung, Erdogan mendapat 52,68 persen suara.

Aliansi Masyarakat AKP-MHP juga memperoleh mayoritas parlemen dengan suara gabungan 53,69 persen. (MNM/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga