Survei Pilgub di Jateng, Sudirman Unggul atas Ganjar

Pasangan nomor 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah dan pasangan nomor 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Centre Opinion Public Survey (COPS) dalam surveinya mengungkapkan mayoritas pemilih di Jawa Tengah lebih condong mencoblos pasangan Sudirman Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Gerindr-PKS pada Pilgub 27 Juni nanti ketimbang pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PDIP-Golkar.

Demikian hasil survei yang dirilis COPS di Jakarta pada Jumat (22/6/2018).

Direktur Eksekutif COPS, Ziyad Falahi menerangkan bahwa melalui simulasi kartu suara yang dilakukan secara tertutup, 53,7 persen responden lebih memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dibanding Ganjar-Taj Yasin.

“Sementara Ganjar Pranowo-Taj Yasin hanya memperoleh 41,6 persen dan sebanyak 4,7 persen responden ogah memilih,” katanya.

Tingkat elektabilitas Ganjar-Taj yang lebih rendah dari Sudirman-Ida, menurutnya tak lepas dari kasus korupsi pengadaan KTP-el. Dalam kasus ini, Ganjar yang merupakan mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI pernah dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi.

Kebanyakan pemilih di Jateng, ujarnya, percaya bahwa Ganjar yang petahana itu terlibat dalam kasus yang merugikan keuangan negara senilai triliunan rupiah tersebut.

“Hasil temuan survei membuktikan 60,9 persen masyarakat Jawa Tengah yakin dan percaya pengakuan Setya Novanto dan M. Nazarudin kalau Ganjar Pranowo menerima fee hasil korupsi e-KTP dan selebihnya ragu-ragu,” terangnya.

Survei yang digelar 1 sampai 14 Juni 2018 lalu di 29 Kabupaten dan 6 Kota se-Jateng ini melibatkan 2.445 responden. Sebanyak 2.445 responden itu merupakan bagian dari populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Penelitian dilakukan dengan metode survei jajak pendapat melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei sebanyak -/+ 1,98 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Selain PDIP dan Golkar, Ganjar-Taj Yasin juga diusung oleh Demokrat, PPP, Nasdem, Hanura dan Perindo. Sementara Sudirman Said-Ida Fauziyah selain Gerindra-PKS, juga diusung oleh PAN dan PKB. (*)

Baca Juga