Bahas Perdamaian Afghanistan, Ulama Muslim Berkumpul di Jeddah

JEDDAH (SALAM-ONLINE): Seratusan Ulama Muslim dari berbagai penjuru dunia Islam pada Selasa (10/7/2018) berkumpul di Kota Jeddah, Arab Saudi, untuk membahas prospek perdamaian dan keamanan di Afghanistan yang tengah dilanda konflik.

Konferensi dua hari ini seperti dilansir kantor berita Anadolu, Selasa (10/7), dihadiri oleh lebih dari 100 Ulama Muslim terkemuka dari Afghanistan, Arab Saudi, Pakistan, Indonesia, Mesir, Sudan, Maroko, dan lainnya.

Dalam pidato pembukaan, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam yang berbasis di Jeddah (salah satu sponsor acara), Yousuf al-Othaimeen, mengatakan konferensi ini diadakan “pada saat yang sensitif dalam sejarah Afghanistan”.

Menurut Al-Othaimeen, peserta akan membahas cara mengakhiri konflik bertahun-tahun di Afghanistan, yang, katanya, “telah mencabut hak masyarakat Afghanistan atas hak alami mereka untuk stabilitas dan pembangunan”.

Dia melanjutkan dengan menyuarakan harapan bahwa acara itu akan berfungsi untuk memfasilitasi proses rekonsiliasi di Afghanistan dan mengakhiri kekerasan di negara tersebut—yang ia gambarkan sebagai “bertentangan dengan tradisi dan ajaran Islam”.

Afghanistan terus dilandasi konfrontasi hampir setiap hari antara pasukan keamanan negara itu dengan kelompok Taliban. Dari kedua belah pihak sama-sama mengklaim banyaknya jatuh korban. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga