Bahas Gencatan Senjata, Delegasi Hamas Bertolak ke Mesir

GAZA (SALAM-ONLINE): Delegasi dari faksi-faksi perlawanan Palestina di Gaza yang diblokade berangkat ke Kairo, Mesir, pada Kamis (16/8/2018) untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Mesir tentang prospek de-eskalasi dengan penjajah Zionis Yahudi.

“Sebuah delegasi dari Hamas dan faksi perlawanan Palestina lainnya memasuki wilayah Mesir, Kamis, melalui penyeberangan perbatasan Rafah,” kata otoritas perbatasan Gaza dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Kamis (16/8).

Sumber keamanan di pintu perbatasan Rafah yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa delegasi Palestina yang masuk ke Mesir di antaranya perwakilan Hamas, Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP), Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina (DFLP) dan Front Perjuangan Rakyat Palestina.

Sejak Selasa, anggota Hamas memimpin pertemuan di Mesir dengan faksi-faksi perlawanan Palestina lainnya untuk membahas kemungkinan gencatan senjata dengan penjajah dan prospek rekonsiliasi antar kelompok Palestina.

Sebelumnya, pada Kamis (16/8) seorang delegasi senior keamanan Mesir mengunjungi pihak penjajah selama beberapa jam. Pertemuan itu dalam rangka membahas upaya yang berkelanjutan untuk pencapaian gencatan senjata antara faksi-faksi perlawanan yang bermarkas di Gaza dengan Zionis Yahudi.

Baca Juga

Kunjungan itu dilakukan di tengah upaya yang sedang berlangsung untuk mencapai gencatan senjata antara Hamas-Zionis dan rekonsiliasi antara Hamas dengan faksi Fatah Palestina.

Dalam beberapa pekan terakhir, Hamas telah mempertimbangkan proposal—yang diajukan oleh Mesir dan PBB—untuk rekonsiliasi antar faksi Palestina, gencatan senjata Hamas-penjajah Zionis dan proyek-proyek kemanusiaan di Jalur Gaza yang diblokade.

Upaya rekonsiliasi Hamas-Fatah paling baru adalah perjanjian yang ditandatangani Oktober lalu. Namun perjanjian tersebut gagal membuahkan hasil karena perbedaan yang masih terjadi antara kedua faksi. (MNM/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga