Aksi ‘Great Return March’ Jumat ke-28 di Jalur Gaza, Dua Orang Gugur

Mahmood Abu Samad (24) gugur ditembak

GAZA (SALAM-ONLINE): Aksi ‘Great Return March’ (Masirah Al-Audah Al-Kubra) yang dilakukan oleh rakyat Palestina di Jalur Gaza, Jumat (5/10/2018) memasuki Jumat yang ke-28.

Faris El-Serawi (12)

Aksi damai yang menuntut dihentikannya penjajahan dan blokade terhadap warga Palestina di Gaza oleh Zionis Yahudi kali ini memakan korban. Dua orang demonstran gugur sebagai syuhada, insya Allah.

Kementerian Kesehatan Palestina merilis, korban yang meninggal akibat tembakan sniper Zionis itu adalah Faris Al-Sherawi (12) dan Mahmood Abu Saman (24). Keduanya tertembak di Timur Kota Gaza.

Selain itu, sebanyak 376 peserta aksi terluka dan 126 di antaranya mengalami luka cukup serius, sementara lima orang kritis.

Seorang wartawati, Dooa Zorob terluka kena tembak

Dari jumlah korban yang terluka, 10 di antaranya adalah perempuan dan 30 orang anak-anak.

Wartawan Foto, Mohammad Al-Mishri, terluka di kepala terkena tembakan gas

Selain menembak peserta aksi, peluru tentara Zionis juga menyasar jurnalis yang meliput. Satu orang wartawan foto bernama Mohammad Al-Mishri dan seorang reporter perempuan, Dooa Zorob, terluka akibat serangan tersebut.

Wafa Al-Audani, wartawan lokal yang tinggal di Gaza melaporkan bahwa aksi ini akan terus digelar, baik dalam bentuk protes turun ke jalan, maupun aksi kampanye di media sosial.

“Kami mengajak seluruh dunia untuk turut mengampanyekan tagar #GreatReturnMarch dan #GazaSiegeCrime sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajahan Zionis,” tulisnya dalam rilisnya kepada INA News Agency—sindikasi berita yang diinisiasi oleh Jurnalis Islam Bersatu (JITU). (AW/INA)

Baca Juga