Turki Seru Masyarakat Internasional Lindungi Warga Palestina

ANKARA (SALAM-ONLINE): Turki sangat mengutuk “serangan keji” penjajah Zionis terhadap para demonstran yang melakukan aksi damai di Gaza. Penjajah Zionis membunuh tujuh warga Palestina dalam unjuk rasa damai pada Jumat (12/10/2018).

“Zionis perlu menyadari bahwa mereka tidak bisa merampas hak-hak historis dan sah rakyat Palestina dan secara terang-terangan melakukan kekerasan,” kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan yang dilansir kantor berita Anadolu, Sabtu (13/10).

Menurut Kemenlu Turki, masyarakat internasional memiliki “tugas kemanusiaan” untuk melindungi rakyat Palestina tanpa penundaan.

“Kami sekali lagi menegaskan kembali seruan kami kepada komunitas internasional untuk memenuhi tanggung jawab ini,” kata pernyataan itu.

Setidaknya tujuh demonstran Palestina gugur pada Jumat (12/10) oleh tembakan tentara Zionis di dekat zona penyangga Gaza dan wilayah Palestina yang dijajah Zionis, kata Kementerian Kesehatan Gaza.

Menurut kementerian itu, lebih dari 200 orang Palestina telah gugur dan ribuan lainnya terluka sejak aksi unjuk rasa yang dimulai sejak 30 Meret lalu. Aksi damai itu bertujuan menuntut kembali hak milik warga Palestina yang diduduki. Selain itu, unjuk rasa dimaksudkan untuk menuntut dihentikannya blokade atas Jalur Gaza. (S)

 Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga