Jadi Teman Sejati, Erdogan: Turki dan Qatar Saling Dukung di Masa Sulit

Presiden Turki Erdogan dan Emir Qatar Syaikh Al-Thani mengadakan pertemuan ke-4 Komite Tinggi Strategis Turki-Qatar di Istanbul. Keduanya, diketahui, saling mendukung, khususnya di masa sulit.

Emir Qatar Syaikh Tamim Bin Hamad (kiri) dan Presiden Erdogan: Teman Sejati. (Foto: Anadolu Agency)

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negaranya dan Qatar telah mendukung satu sama lain di masa-masa sulit. Keduanya terbukti menjadi teman sejati berkali-kali.

“Negara Turki menunjukkan upaya intens untuk mematahkan blokade dan sanksi yang menyasar saudara kita Qatar,” kata Erdogan dalam pertemuan ke-4 Komite Tinggi Strategis Turki-Qatar di Istanbul, Senin (26/11/2018), sebagaimana dikutip kantor berita Anadolu.

Pada Juni 2017 lalu, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain secara kolektif memutuskan hubungan dengan Qatar dan menuduhnya mendukung kelompok-kelompok “teroris”.

Poros yang dipimpin Saudi itu juga memberlakukan blokade darat, laut dan udara terhadap Qatar. Riyadh menutup perbatasan Abu Samra yang menghubungkan dua negara Teluk itu.

Erdogan menyebut Doha sebagai pendukung internasional terkuat Turki setelah 15 Juli 2016 saat negara ini menggagalkan upaya kudeta, yang menyebabkan 251 orang gugur dan hampir 2.200 orang terluka.

Pertemuan yang diadakan di Paviliun Vahdettin bersama-sama dipimpin oleh Erdogan dan Emir Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

Baca Juga

Erdogan juga mengatakan dia bangga dengan tingkat kerja sama antara kedua negara pada peringatan ke-45 hubungan diplomatik Turki-Qatar.

“(Qatar) telah berdiri bersama kami dengan menargetkan ekonomi kami dalam beberapa bulan terakhir,” katanya seraya mengucapkan terima kasih kepada Qatar atas nama bangsa Turki dan dirinya sendiri.

Sementara Syaikh Al-Thani, juga mengatakan senangnya pada tingkat hubungan bilateral dan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama di setiap bidang.

Setelah pertemuan itu, para menteri Turki dan Qatar menandatangani protokol kerja sama strategis di bidang seperti transportasi, budaya, perdagangan dan ekonomi.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Menteri Pertahanan Nasional Hulusi Akar, Menteri Transportasi dan Infrastruktur Mehmet Cahit Turhan, Menteri Keuangan Albayrak, Menteri Perdagangan Ruhsar Pekcan, juru bicara Presiden Ibrahim Kalin, juga hadir dalam pertemuan itu bersama dengan pejabat Qatar. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga